Friday, November 17, 2017

Cara optimasi seo on page 2017: Optimasi blog dan konten untuk mesin pencari

Cara optimasi seo on page 2017: Optimasi blog dan konten untuk mesin pencari - Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan optimasi on page seo untuk blog atau website. Artikel ini adalah bagian kedua dari teknik seo yang saya jelaskan. Jika kalian belum membaca tentang konsep dasar seo silahkan baca artikel itu terlebih dahulu agar dapat menguatkan dasar kalian mengenai konsep SEO.

SEO on page


Sebenarnya sudah banyak panduan yang membahas tentang on page seo yang bisa kalian baca di internet. Setiap orang biasanya memiliki teknik seo nya masing-masing akan tetapi secara garis besar teknik seo itu hampir sama.

Tapi perlu kalian ketahui tidak semua panduan mengenai seo on page bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti:

  1. Panduan mengenai seo on page sudah lama (tidak uppdate)
  2. Panduan mengenai seo on page tidak cukup lengkap.
  3. Melakukan cara yang salah dalam menerapkan panduan.

Ketiga faktor tersebut yang membuat beberapa panduan seo yang diterapkan tidak mendapat hasil yang maksimal.

Untuk itulah disini saya akan memberikan panduan on page seo yang sudah terupdate pada tahun 2017 yang saya dapatkan dari beberapa referensi situs web luar negeri dan dalam negeri yang populer dalam membahas panduan seo.

Selain itu saya juga telah menerapkan teknik seo tersebut pada blog ini dengan cara saya sendiri.

Komponen utama dalam menerapkan on page seo


Ada beberapa komponen utama yang harus diterapkan dalam on page seo agar optimasi yang dilakukan menjadi lebih maksimal. Dibawah ini adalah 10 komponen utama yang harus diterapkan dalam on page seo:
  1. Keyword
  2. Judul
  3. URL
  4. Konten
  5. Heading
  6. Tema
  7. Outbound links
  8. Internal Links
  9. Kecepatan website
  10. Tombol social sharing

1. Penentuan keyword populer dan cara penggunaan keyword yang tepat


Keyword adalah hal pertama yang penting dalam on page seo, kenapa ? karena sebelum kita membuat suatu artikel, pasti kita akan menentukan keyword yang menjadi sasaran agar artikel yang kita buat bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Sebelum membuat suatu artikel pastikan kalian telah memilih keyword yang populer atau yang banyak dicari oleh pengunjung, untuk menentukan keyword populer kalian bisa menggunakan Keyword Explorer Moz.


Setelah kalian menentukan keyword poopuler yang akan kalian gunakan untuk membuat suatu artikel, kalian perlu menempatkan keyword tersebut secara tepat agar optimasi seo on page pada artikel tersebut memberikan hasil yang maksimal.

Penempatan Keyword yang benar adalah:
  1. Tempatkan keyword pada judul artikel yang kalian buat. Contohnya seperti ini "Konsep Dasar SEO: Memahami apa itu seo dan cara kerja seo." Penempatan keyword pada judul bisa berada pada bagian awal judul, bagian tengah judul atau akhiran judul.
  2. Tempatkan keyword pada URL artikel kalian. URL yang mengandung keyword juga menjadi faktor yang bisa mempengaruhi kinerja on page seo.
  3. Tempatkan keyword di dalam artikel yang kalian buat. Semakin banyak keyword yang digunakan di dalam artikel maka akan semakin baik akan tetapi jangan membuat isi artikel terkesan dipaksakan agar terdapat keyword tertentu di dalamnya. Tempatkan keyword di dalam artikel secara natural, karena itu jauh lebih baik dan juga lebih nyaman untuk dibaca oleh pengunjung.

2. Gunakan judul yang mengundang klik dari pengunjung atau klik bait.


Membuat judul artikel sebenarnya mudah, hanya saja tidak semua judul bisa mengundang klik dari pengunjung.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada komponen pertama yaitu keyword, suatu judul harus mengandung keyword yang akan dicari. Tetapi itu saja tidak cukup untuk mengundang klik.

Kalian harus membuat judul yang menarik agar pengunjung tertarik untuk membuka halaman artikel yang kalian buat.

Jika pengunjung tertarik dan membuka halaman artikel yang kalian buat maka semakin banyak yang melakukan hal tersebut akan semakin baik dan meningkatkan peringkat halaman artikel kalian pada keyword tersebut.

Kasus nya seperti pada gambar dibawah ini. Jika website pertama hanya mendapatkan 200 klik perhari sedangkan website kedua mendapatkan 500 klik per hari dan website ketiga mendapatkan 1000 klik per hari karena judul dan isi artikel nya yang menarik maka website yang berada pada peringkat ketiga tersebut akan naik peringkat nya menjadi peringkat pertama.

Klik bait

3. Penggunaan URL yang singkat, deskriptif dan mengandung keyword


Penggunaan keyword yang singkat dan menerangkan isi dari artikel secara jelas, jauh lebih baik dimata mesin pencari.

Ditambah lagi dengan penempatan keyword pada URL akan membuat keyword tersebut di nilai baik oleh mesin pencari.

Hindari penggunaan URL yang panjang dan mengandung karakter yang membuat URL tersebut menjadi buruk di mata mesin pencari dan pengunjung.

Contoh penggunaan URL yang baik adalah seperti berikut ini: blogsensepedia.com/2017/11/optimasi-seo-on-page.

Contoh penggunaan URL yang buruk adalah seperti berikut ini:

  • blogsensepedia.com/p/007
  • Penggunaan URL yang terlalu panjang: blogsensepedia.com/2017/11/optimasi-seo-on-page-yang-bagus-sekali-untuk-blog-kalian

Jadi kesimpulannya penggunaan URL yang simple dan deskriptif serta mengandung keyword utama sangat direkomendasikan untuk menerapkan on page seo.

4. Buatlah konten yang berkualitas


Konten adalah hal yang paling utama dalam optimasi seo on page, kenapa ? karena dalam mencari suatu informasi yang paling utama yang di inginkan oleh pengunjung adalah konten yang informatif dan dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Selain itu mesin pencari juga melakukan ranking berdasarkan isi konten yang paling relevan terhadap keyword yang dicari oleh pengunjung.

Lalu bagaimana caranya membuat konten yang berkualitas ?

Untuk membuat konten yang berkualitas ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh konten tersebut seperti:
  • Konten dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pengunjung.
  • Konten lebih memiliki nilai yang bermanfaat dibandingkan konten lain yang sejenis.
  • Pengunjung betah untuk berlama-lama membaca konten tersebut.
  • Konten dapat memberikan manfaat bagi pengunjung
  • Pembuatan konten harus dapat membangkitkan perasaan pembaca.

Jika konten yang kalian buat memenuhi kelima syarat-syarat tersebut maka bisa dipastikan halaman konten kalian dapat bertengger di peringkat 1 google untuk waktu yang lama.

Untuk bisa membuat konten yang berkualitas memang memerlukan waktu karena kita juga harus belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik dan membuat pengunjung betah.

Perlu kalian ketahui Google tidak menyukai konten yang seperti berikut ini:
  • Tidak memiliki manfaat bagi pengunjung.
  • Tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengunjung.
  • Artikel yang dibuat adalah hasil copy paste dari blog lain

Artikel yang memiliki ketiga kriteria diatas sangat tidak disukai oleh mesin pencari baik itu google, bing dan lain sebagainya.

Jadi jika kalian ingin artikel yang kalian buat bisa berada pada posisi pertama peringkat google atau mesin pencari lainnya maka hindari ketiga kriteria tersebut.

5. Penggunaan tag heading yang benar


Penggunaan tag heading yang dimaksud adalah jika kalian sedang berada pada halaman homepage blog atau website kalian maka H1 nya adalah title atau judul blog tersebut dan H2 nya adalah judul-judul dari artikel yang ada di list postingan kalian.

Untuk beberapa tema yang baru sepertinya sudah banyak yang otomatis support penggunaan heading seperti itu, Silahkan saja kalian cek apakah blog kalian sudah menerapkan cara penggunaan heading seperti itu.

Untuk melakukan pengecekan bisa dengan melakukan inspect elemet pada title blog dan judul postingan pada homepage blog kalian. Jika sudah benar maka kalian tidak perlu mengedit tema yang kalian pakai.

Akan tetapi jika penggunaan heading seperti itu masih belum diterapkan oleh tema yang kalian gunakan, silahkan ganti template kalian dan cari tema atau template yang sudah support penggunaan tag heading seperti itu, atau kalian bisa mengedit nya secara manual jika kalian mengerti.

6. Gunakan tema yang responsive dan mobile friendly


Penggunaan tema yang responsive sangat penting dalam penerapan seo on page.

Kenapa ?

Karena jika kalian menggunakan tema yang responsive maka tampilan dari blog kalian dapat menyesuaikan tampilan dengan browser atau device yang digunakan oleh pengunjung.

Pada zaman sekarang ini android sudah banyak digunakan, jika tampilan blog kalian tidak responsive maka pada saat dibuka di smartphone tampilan dari blog kalian akan terlihat kacau dan membuat pengunjung pergi dari blog kalian.

Silahkan kalian cek terlebih dahulu apakah tema blog yang kalian gunakan sudah responsive atau belum. Kalian bisa mengeceknya di Mobile friendly test milik google.

Contohnya seperti tema yang saya pakai ini. Tema ini sudah mobile friendly atau responsive setelah saya cek di Mobile friendly test google.

Tema responsif



7. Terapkan Outbound Links


Penggunaan outbound links atau link yang keluar dari website sangat penting bagi blog atau website baru. Penggunaan refernsi link berupa link ke website lain dengan halaman yang membahas topik yang serupa atau memiliki kaitan dengan bahasan topik kalian sangat penting dilakukan agar google lebih cepat mengenal topik dari blog kalian.

Selain itu google sebagai penyedia informasi pasti ingin memberikan informasi yang relevan terhadap keyword yang dituliskan oleh pengunjung.

Website besar jauh lebih mudah untuk masuk ke page one google karena website tersebut sudah memiliki reputasi yang bisa dipercaya oleh google.

Karena blog atau website kalian masih baru maka outbound links sangat diperlukan untuk membangun reputasi blog tersebut dimata mesin pencari.

Dengan adanya link yang merujuk ke halaman yang sudah dipercaya oleh google maka reputasi dari blog kalian bisa lebih baik di mata mesin pencari seperti google.

8. Penggunaan Internal Links


Selain menerapkan outbound links, internal link juga diperlukan untuk melakukan seo on page. Internal links diperlukan agar tingkat bounce rate dari blog kalian tidak tinggi.

Bounce rate jika kita artikan dalam bahasa indonesia berarti tingkat pentalan atau pantulan, maksudnya adalah ketika pengunjung masuk lalu mereka langsung keluar dalam waktu yang cepat atau tidak berlama-lama dalam website kalian. Inilah yang menyebabkan bounce rate tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut maka diperlukanlah internal link yang dapat menurunkan bounce rate, karena pengunjung akan disuguhkan link ke halaman lain yang bisa jadi terkait dengan halaman yang kalian sedang kalian bahas.

Ingat, bounce rate yang tinggi maka akan menyebabkan peringkat website kalian turun dari mesin pencari.

9. Kecepatan loading website


Website atau blog yang memiliki waktu respon yang cepat akan lebih baik dimata pengunjung dan juga mesin pencari. Coba kalian tempatkan posisi kalian sebagai pengunjung, apakah kalian akan betah untuk bertahan berlama-lama menunggu respon dari web yang kalian buka ? tentu saja tidak kan ? pasti kalian kan cepat-cepat pergi dari website tersebut karena waktu loading nya yang lama.

Jika terjadi hal seperti itu maka tidak hanya kalian akan kehilangan pengunjung, tetapi tingkat bounce rate kalian juga akan bertambah tinggi dan membahayakan rangking blog kalian di mata mesin pencari.

Beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan loading dari suatu website adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah dari file .js dan .css nya
  2. Jika kalian menggunakan blog seperti wordpress yang mendukung hosting maka kualitas hosting juga berpengaruh.
Untuk itu coba kalian cek apakah website atau blog kalian memiliki loading yang cepat untuk pengunjung, kalian bisa melakukan pengecekan pada Google PageSpeed insights.

Pagespeed insights

10. Pasang tombol social sharing


Terakhir untuk melakukan optimasi seo on page adalah memasang tombol social sharing. Sebenarnya tombol social sharing tidak mempengaruhi peringkat website secara langsung. Akan tetapi ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan memasang tombol social sharing ini yang diantaranya seperti berikut:
  • Kalian akan mendapatkan tambahan pengunjung dari social media
  • Kalian bisa membuat brand website kalian lebih dikenal orang banyak
  • Pengunjung dapat memberikan backlink jika merasa terpuaskan dengan artikel tersebut.
Itulah sedikitnya beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari tombol social sharing yang kalian pasang di dalam blog kalian.

10 komponen tersebut jika kalian lakukan dengan benar maka insha allah akan menaikan peringkat blog kalian. 

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon