Friday, December 1, 2017

Riset & Strategi Kata Kunci: Cara mencari dan menentukan keyword yang tepat

Riset & Strategi Kata Kunci: Cara mencari dan menentukan keyword yang tepat - Semua publisher pasti menginginkan konten yang mereka buat berada pada peringkat pertama hasil pencarian google.

Menentukan keyword yang tepat


Karena dengan berada pada posisi pertama maka suatu website atau blog akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi untuk berada pada peringkat pertama hasil pencarian google dan mendapatkan banyak pengunjung tidak lah mudah.

Butuh perencanaan dalam memilih kata kunci agar konten yang kita buat bisa berada pada peringkat pertama google atau mesin pencari lainnya.

Tentu kata kunci tersebut bukan sembarang kata kunci. Kita harus memilih kata kunci yang memang tepat dengan target audience kita.



Untuk bisa mencari dan menentukan kata kunci yang tepat dengan target audience kita, maka diperlukan strategi yang benar dalam memilih kata kunci tersebut.

Cara mencari dan menentukan kata kunci yang tepat


1. Tentukan ide awal dari keyword utama


Untuk bisa mencari kata kunci yang tepat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari ide utama awal dari keyword utama tersebut.

Maksudnya begini, jika kalian memiliki website atau blog tentang jual laptop, maka kira-kira kalian pasti akan memikirkan keyword seperti ini "jual laptop murah".

Nah keyword tersebut tentu masih belum cukup. Kalian harus memikirkan keyword-keyword lain berdasarkan keyword utama dari blog kalian. Keyword utama ini adalah jual laptop. Maka pikirkan beberapa keyword lain yang masih berhubungan dengan jual laptop. Selain keyword "jual laptop murah tadi".

Kalian bisa menggunakan teknik search intent untuk menentukan beberapa keyword lainnya berdasarkan intent pencarian pengunjung terhadap keyword utama blog kalian.

Jika kalian belum mengerti tentang search intent silahkan baca panduannya terlebih dahulu

Baca juga :

Memahami search intent untuk riset kata kunci

Untuk lebih memudahkan kalian mendapatkan ide awal dengan menggunakan teknik search intent, silahkan kalian coba jawab pertanyaan berikut ini.

Informational Intent:
  • Masalah apa yang dimiliki oleh target audience kalian ?
  • Hal apa sih yang buat mereka tertarik untuk mendatangi produk atau jasa kalian ?
  • Masalah apa yang bisa diselesaikan oleh webiste atau blog kalian ?
  • Hal lain seperti apa yang mereka ingin tahu dari website atau blog kalian ?

Commercial Investigation Intent:
  • Hal apa yang mempengaruhi mereka sebelum menentukan pilihan ?
  • Informasi seperti apa yang mereka cari sebelum mereka membeli ? (penjualan produk atau jasa)
  • Gimana sih cara mereka melakukan perbandingan produk sejenis ? (review apple to apple)
  • Apakah ada kata sifat yang bisa menggambarkan produk atau jasa yang kalian tawarkan ?

Transactional:
  • Jika kalian ingin membeli produk atau layanan dari google secara online, apa yang akan kalian cari ?
  • Apakah kalian menawarkan diskon, giveaway, gratisa, dan lain sebagainnya ?

Pertanyaan-pertanyaan diatas bisa kalian gunakan untuk menentukan ide awal dari keyword utama yang kalian miliki berdasarkan search intent nya.

2. Mencari keyword tambahan dengan menggunakan KeywordTool.io


Untuk memperkaya keyword yang sudah kalian pikirkan dengan search intent, kalian bisa menggunakan keywordTool.io dengan melihat keyword turunan dari beberapa keyword yang sudah kalian dapatkan.

Fungsi tool keywordtool.io hampir mirip dengan google autocomplete.

Jika kalian belum tau apa itu google autocomplete coba lihat gambar dibawah ini.

Google AutoComplete

Gambar diatas adalah contoh dari google autocomplete, jika kalian mengetikan kata kunci tertentu maka akan keluar beberapa kata kunci turunan yang disarankan oleh google.

Nah cara kerja dari keywordtool.io mirip seperti google autocomplete. Bedanya adalah keywordtool.io menampilkan hasil suggest yang lebih banyak dibandingkan dengan google autocomplete.

Jika kalian sudah mendapatkan keyword turunan dari keywordtool.io silahkan kalian kelompokan keyword tersebut berdasarkan intent nya yang sejenis.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaan keywordtool.io kalian bisa membaca panduannya di blog ini.

Baca juga :
Cara riset kata kunci dan analisa kompetitor

3. Mendapatkan volume pencarian menggunakan keyword planner


Jika kalian sudah mendapatkan keyword-keyword melalui keywordtool.io, maka untuk lebih mempermudah kalian mengetahui volume pencarian keyword tersebut kalian bisa menggunakan google keyword planner.

Untuk menggunakan google keyword planner kalian bisa melakukannya seperti berikut:

Pertama silahkan kunjungi google keywor planner terlebih dahulu, jika sudah maka akan muncul tampilan seperti berikut.

GKP search volume

Silahkan tulis keyword yang sudah kalian kelompokan tadi berdasarkan intent nya masing-masing.

Get search volume

Jika sudah klik dapatkan volume pencarian.

Silahkan download hasil volume pencarian tersebut dalam bentuk Excel CSV.


Sebenarnya sampai tahap ini kalian sudah bisa menentukan keyword yang tepat untuk konten yang akan kalian buat.

Akan tetapi lebih baik lagi jika kalian menggunakan beberapa tool tambahan seperti dibawah ini agar hasilnya lebih maksimal.


Tool tambahan untuk menentukan keyword yang tepat


Beberapa tool berikut ini biasa saya gunakan untuk lebih memaksimalkan keyword yang sudah saya miliki.

1. Menggunakan keyword everywhere


Saya menggunakan tool yang satu ini untuk melihat hasil volume pencarian dengan lebih cepat, berapa harga dari keyword tersebut, dan lain sebagainya.

Keyword Everywhere

Gambar diatas adalah contoh dari penggunaan tool keyword everywhere. Disana terlihat dari kata kunci "jual laptop" volume pencariannya adalah 3600/bulan Harga keywordnya $0.14 dan tingkat persaingannya adalah 1.

Pada tingkat persaingan skalanya adalah 0-1 semakin mendekati 1 maka akan semakin sulit persaingannya.

Untuk mendapatkan tool ini kalian bisa mendownloadnya langsung dari google chrome webstore.

2. Menggunakan MozBar


Tool yang kedua adalah MozBar, hampir mirip seperti tool yang pertama, tetapi MozBar bisa melihat data-data dari suatu website seperti DA dan PA serta jumlah backlink yang dimiliki. Bahkan MozBar juga bisa melakukan analisis terhadap suatu halaman tertentu.

Saya sangat merekomendasikan tool yang satu ini. Selain gratis tool ini juga memberikan banyak keuntungan dalam melakukan analisis keyword serta kompetitor kalian.

Untuk mendownloadnya kalian bisa langsung mengunjungi google chrome webstore dan mengetikan MozBar.

Itulah beberapa cara menentukan keyword yang tepat agar sesuai dengan target audience kalian.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon