Sunday, December 3, 2017

Akun adsense dinonaktifkan: Cara mengatasi akun adsense yang dinonaktifkan

Akun adsense dinonaktifkan: Cara mengatasi akun adsense dinonaktifkan atau disable karena invalid traffic - Pasti semua publisher tidak menginginkan akun google adsense mereka di suspend atau disable oleh pihak google. Karena jika hal itu terjadi pada akun kalian maka kalian tidak dapat menampilkan iklan di blog atau website kalian lagi.

akun adsense disabled


Dengan kata lain kalian sudah tidak bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui blog yang kalian miliki. Tentu kalian tidak menginginkan hal ini terjadi pada blog kalian bukan ?

Sebelum saya menulis artikel ini saya melihat banyak sekali teman-teman blogger yang mengeluh akun adsense mereka dinonaktifkan dan bingung bagaimana cara mengatasinya ?

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa akun adsense kalian bisa dinonaktifkan oleh pihak google. Contohnya seperti aktivitas tidak valid dan lain sebagainya.

Kalian sebagai publisher memang mau tidak mau harus patuh terhadap kebijakan yang google berikan jika kalian tidak menginginkan akun adsense kita di disable oleh pihak google.

Memang biasanya tidak semua kasus akun adsense yang dinonaktifkan adalah murni kesalahan si publisher itu sendiri, bisa juga karena sabotase pihak luar yang menginginkan akun adsense kalian dinonaktifkan oleh google.

Tapi google menyediakan cara untuk mengajukan banding jika kesalahan tersebut memang benar bukan karena si publisher itu sendiri, melainkan karena sabotase pihak luar.

Nah pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mengatasi akun adsense yang disuspend atau disable.

Mengetahui akun adsense dinonaktifkan


Sebelum saya jelaskan cara mengaktifkan akun adsese kalian kembali, saya akan jelaskan terlebih dahulu ciri jika akun adsense kalian memang benar dinonaktifkan oleh pihak google.
  1. Kalian tidak dapat mengakses dashboard google adsense kalian
  2. Iklan pada blog kalian tidak tampil.
  3. Kalian mendapatkan email dari google adsense berupa peringatan akun disable

Contoh dari email akun google disable adalah seperti pada gambar dibawah ini.

email adsense disabled

Kurang lebih kalian akan mendapatkan email seperti itu jika akun google adsense kalian dinonaktifkan atau disabled.

Tapi tenang, google masih akan memberikan kalian kesempatan untuk mengatifkan akun google adsense kalian kembali, asalkan kalian akan mematuhi kebijakan google adsense.

Kalian bisa mengajukan banding untuk akun adsense kalian agar bisa aktif kembali, tapi perlu diingat kalian harus membaca terlebih dahulu penyebab akun google adsense kalian dinonaktifkan.



Coba lihat link pada bagian bawah surat yaitu pada kalimat "Top reasons for account closure" atau dalam bahasa indonesia kurang lebih "alasan kenapa akun ditutup" disitu adalah penjelasan kenapa akun kalian dinonaktifkan oleh pihak google.

Jika kalian sudah membaca dan memahami kenapa akun kalian dinonaktifkan oleh pihak google barulah kalian boleh mengajukan banding.

Baca juga :
Larangan google adsense yang harus dipatuhi oleh publisher

Cara mengajukan banding google adsense


Sebelum mengajukan banding, pastikan dulu apa penyebab akun kalian dinonaktifkan seperti yang saya sudah katakan sebelumnya. Karena alasan banding yang tidak sesuai dengan alasan disable akan membuat banding yang kalian ajukan ditolak.

Selain itu sebelum mengajukan banding kalian juga perlu membersihkan blog yang kalian gunakan untuk menampilkan iklan adsense dari segala bentuk pelanggaran tersebut, agar tim review dari google adsense benar-benar yakin kalian tidak mengulangi kelalaian atau kesalahan yang kalian lakukan.

Jika sudah, maka saat nya untuk mengajukan banding ke google adsense. Caranya cukup mudah silahkan kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Buka link formulir pengajuan banding yang kalian dapatkan dari email pemberitahuan google adsense.
  2. Silahkan masukan nama yang sesuai dengan nama pengguna pada akun adsense kalian.
  3. Masukan alamat email google adsense kalian, biasanya otomatis sudah terisi sesuai email yang login saat itu.
  4. URL contoh tempat iklan anda berada: maksudnya adalah kalian harus mengisi kolom tersebut dengan alamat blog tempat kalian menampilkan iklan. Contoh: http://namablogkalian.com/
  5. Pada kolom apakah anda pernah membeli lalu lintas ke situs, aplikasi seluler, dan atau saluran youtube anda: ada dua pilihan yaitu iya dan tidak, silahkan pilih tidak.
  6. Pada kolom bagaimana pengguna bisa sampai kesitus: silahkan isi saja "saya membuat konten yang memberikan manfaat bagi pengunjung, dan bagaimana cara mereka sampai ke situs saya ?, saya melakukan optimasi mesin pencari agar situs saya dapat dijangkau oleh pengguna dengan cara yang memathui kebijakan dan mutu google webmaster."
  7. Apa alasan aktivitas tidak valid disitus: pada kolom ini isi kan jawaban kalian sejujur-jujurnya sesuai kejadian yang kalian alami, jika terjadi bom klik maka jelaskan bagaimana kejadian tersebut secara tegas dan terperinci begitu pula alasan-alasan lainnya.
  8. Perubahan apa yang akan kalian lakukan: isi saja kalian akan lebih berhati-hati dan menjaga aktivitas situs dan akun google adsesen kalian, dan kalian berjanji dengan hal tersebut.
  9. Harap sertakan data apapun: disini kalian isikan data atau bukti dari alasan akun adsense kalian dinonaktifkan, jika akun kalian dinonaktifkan karena bom klik, silahkan berikan penjelasan bahwa telah terjadi bom klik pada jam, tgl/bulan/tahun terjadinya bom klik tersebut, jika bisa sertakan juga laporan google analitik agar lebih meyakinkan.

Sebagai catatan: Kalian harus mengisikan jawaban formulir banding tersebut dengan bahasa inggris meskipun formulir tersebut dalam bahasa indonesia.

Jika sudah, silahkan baca kembali apakah masih ada yang kurang atau data yang diberikan memang sudah benar sesuai kejadian yang kalian alami. Jika sudah silahkan kirimkan formulir banding tersebut.

Untuk waktu jawaban dari banding yang kalian ajukan sebenarnya bervariasi biasanya kalian akan mendapatkan jawaban sekitar 1 minggu dari waktu banding atau juga bisa lebih cepat.

Tips terakhir dari saya jangan lupa berdoa agar banding yang kalian ajukan dapat diterima oleh tim google adsense.

7 komentar

Selamat malam gan, Mohon diperjelas gan step by step cara mengajukan banding. Postingan yang melanggar ketentuan sudah saya hapus, kemudian saya melakukan banding namun sudah beberapa hari tak kunjung ada tanggapan dari pihak google? ataukah mungkin saya salah dalam proses bandingnya. Mohon pencerahanya gan... Terima kasih. best regard, jurnalgagak.com

Mas..
Blh minta alamat email adsense buat banding.

gan punya saya kok aneh ya mau daftar
katanya terkait dengan akun yang dinonaktifkan

Masalahnya gini gan tiba2 akun adsense di nonatifkan tp anehnya di youtube masih bisa tmpil iklan aneh bukan dan saya tidak di beritahu ..

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon