Wednesday, November 29, 2017

Memahami Search Intent Untuk Riset Kata Kunci

Memahami Search Intent Untuk Riset Kata Kunci - Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya riset kata kunci ataupun research keyword. Sudah ada banyak sekali panduan mengenai riset kata kunci yang bertebaran di internet yang bisa kalian baca. Akan tetapi hanya sedikit panduan mengenai riset keyword yang juga membahas search intent khususnya blog atau website indonesia.

Search intent


Mungkin kalian masih bingung apa itu search intent ?

Kenapa kita harus mempelajari search intent ?

Di dalam artikel ini pertanyaan diatas akan terjawab semuanya.

Sebelumnya saya sudah membuat panduan mengenai Teknik SEO yang di dalam nya juga ada artikel yang membahas mengenai riset kata kunci.

Jika kalian belum membaca nya sebaiknya baca terlebih dahulu panduan Teknik SEO yang sudah saya siapkan.

Baca juga :
Panduan Teknik SEO

Memahami Apa Itu Search Intent


Mungkin masih banyak blogger yang berpikir bahwa semua kata kunci atau keyword itu sama saja, tidak ada bedanya, hanya sebuah kata-kata yang akan dituliskan oleh pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Tidak semua keyword atau kata kunci itu sama, kenapa ? karena mereka memiliki nilai.

Tentu nilai setiap kata kunci itu tidak sama. Ada yang dinamakan intent.

Intent sendiri memiliki arti maksud atau tujuan. Jadi search intent adalah maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan oleh pengunjung.

Contohnya begini pengunjung melakukan pencarian di google dengan kata kunci seperti berikut:
  1. Baju olahraga nike
  2. Beli baju olahraga merk nike
  3. Baju olahraga merk nike original dan murah

Nah dari ketiga contoh keyword yang dicari oleh pengunjung seperti diatas, setiap keyword memiliki maksud atau tujuan nya masing-masing. Meskipun keyword tersebut sama-sama mencari informasi tentang baju nike tetapi nilai ketiga keyword tersebut berbeda.

Maksud dari ketiga keyword tersebut adalah seperti ini:
  1. User atau pengunjung ingin mengetahui informasi seputar baju olahraga nike dari website resmi nya nike.
  2. Pengunjung ingin membeli baju olahraga merk nike
  3. Pengunjung menginginkan hasil pencarian berupa informasi tentang baju olahraga nike yang original dan murah sebelum akan membeli baju tersebut.

Terlihat sangat jelas bukan ketiga keyword tersebut memiliki nilai pencarian yang berbeda-beda meskipun masih dalam topik yang sama.

Jika kalian bisa mengerti tentang nilai dari keyword maka kalian akan lebih mudah menargetkan siapa yang akan mencari informasi dari keyword yang kalian buat, karena kalian sudah paham apa maksud dari keyword yang dituliskan oleh pengunjung.

Google mengerti apa yang diinginkan oleh seorang pencari dalam melakukan pencarian pada search engine google dari teknik search intent tersebut.



Begitulah cara google merekomendasikan artikel yang relevan terhadap maksud dari seorang pencari tersebut.

Coba kalian bayangkan untuk keyword pertama pada contoh diatas yaitu "baju olahraga nike" pasti google akan merekomendasikan website resmi dari nike pada peringkat teratas pencarian. Karena maksud dari seorang pencari tersebut adalah untuk melihat-lihat produk yang ditawarkan oleh nike, bukan untuk membeli nya.

Tapi pada keyword kedua yaitu "Beli baju olahraga merk nike" sudah pasti si pencari ingin membeli baju olahraga merk nike dan google pun akan merekomendasikan toko online dll yang menjual baju olahraga nike.

Sedangkan pada keyword ketiga yaitu "baju olahraga nike original dan murah" memiliki maksud untuk mencari rekomendasi dari baju olahraga nike yang asli atau original dan juga murah. Maka akan muncul website-website yang membahas tentang artikel rekomendasi dari baju olahraga nike.

Kurang lebih seperti itu arti dan juga cara kerja dari search intent.

4 Kategori Search Intent


Dari penjelasan memahami search intent diatas, jika kalian paham disitu sudah terlihat bahwa search intent memeliki beberapa jenis atau kategori yang berbeda. Ada 4 kategori dalam search intent yang akan saya jelaskan satu per satu.

1. Informational


Kategori search intent yang pertama adalah search intent informational. Kategori ini seperti namanya yaitu keyword yang memiliki nilai informasi cepat kepada si pencari.

Contoh:
  • 4Gb = mb
  • cara instal windows 10
  • siapa penemu web

Jika kalian menargetkan keyword seperti ini maka sudah pasti kalian harus punya konten yang berisi informasi lengkap yang akan dibaca oleh pengunjung.

Jenis keyword dengan informational intent seperti diatas, memiliki volume pencarian yang sangat banyak. Tapi kalian jangan terlalu berharap untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dari keyword dengan kategori intent informational.

Alasannya adalah google sekarang sudah memiliki algoritma baru yang menampilkan hasil informasi yang cepat seperti pada gambar dibawah ini. Saya mencari informasi 4gb sama dengan berapa mb dengan keyword "4gb = mb", dan hasilnya ditampilkan langsung tanpa harus membuka website terlebih dahulu.

Jawaban cepat 1

Jawban cepat 2
Jawaban cepat 2

Ketiga contoh gambar diatas adalah hasil pencarian jawaban cepat yang ditampilkan oleh google.

Memang masih belum banyak blog atau website dengan bahasa indonesia bisa mendapatkan hasil cepat seperti ini tapi kedepannya pasti penggunaan keyword seperti itu akan lebih sering kita jumpai hasil pencarian jawaban cepat yang bisa kalian temui.

Jika sudah seperti itu maka pengunjung pasti akan malas untuk membuka website karena jawaban yang mereka cari sudah terjawab dengan cepat. Kecuali memang informasi tersebut masih belum cukup menjawab pertanyaan mereka.

2. Navigational


Kategori yang selanjutnya adalah navigational. Kata kunci seperti ini juga memiliki volume pencarian yang tak kalah besar dari informational.

Tapi perlu kalian ketahui orang-orang yang menggunakan keyword dengan kategori intent seperti ini, bisa dikatakan hanya numpang lewat saja di mesin pencari. Karena mereka hanya ingin mengunjungi website resmi dari keyword tersebut.

Contohnya seperti ini:
  1. Asus
  2. login gmail
  3. daftar gmail
  4. daftar adsense
  5. google adsense

Nah keyword-keyword seperti itu sudah pasti volume pencarian nya besar tapi tidak memiliki nilai yang baik untuk blog atau website yang kalian miliki. Karena sifatnya hanya navigasi saja ke website resmi.


3. Commercial Investigation


Jenis atau kategori intent selanjutnya adalah keyword commercial investigation. Orang-orang yang menggunakan keyword ini biasanya ingin mempelajari produk atau jasa yang akan mereka beli.
Mereka tidak ingin salah dalam membeli suatu produk atau jasa dan menyesal di kemudian hari maka dari itu mereka pasti akan membaca artikel yang membahas tentang produk atau jasa yang akan mereka beli.

Contoh keyword dengan kategori intent commercial investigation:
  1. Harga hp xiaomi ram 3gb tahun 2017
  2. Penyedia web hosting terbaik dan murah
  3. Harga baju nike original

Keyword dengan jenis commercial investigation sangat cocok untuk blog atau website yang ingin menghasilkan pembeli.
Jika blog atau website yang kalian buat berfokus pada niche seperti ini maka kategori intent seperti ini sangat cocok untuk kalian terapkan pada keyword artikel kalian.

4. Transactional


Kategori terakhir dari search intent adalah transactional. Orang-orang yang melakukan pencarian dengan keyword jenis transactional sudah pasti mereka siap untuk melakukan transaksi. Keyword jenis ini memiliki nilai yang cukup besar.

Contoh keyword transactional:
  1. Beli hp xiaomi ram 3gb
  2. jual baju nike original
  3. beli domain murah

Keyword diatas adalah contoh dari keyword transactional. Jika kalian memang memiliki website yang menjual produk ataupun jasa maka saya sarnkan kalian memiliki konten dengan keyword transactional seperti ini.

Tapi perlu kalian ingat persaingan dari keyword transactional sangat sulit. Kenapa ? karena kalian harus bersaing dengan beberapa website retail raksasa seperti tokopedia, lazada, dan lain sebagainya.

Jika website kalian masih baru maka bisa dipastikan sangat sulit untuk bersaing pada kata kunci seperti ini.

Setelah memahami apa itu search intent dan juga kategori dari search intent sekarang kalian bisa lebih mudah untuk menggunakan kata kunci yang lebih tepat dalam pembuatan konten blog atau website kalian.


Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon