Monday, November 20, 2017

Pemasaran konten: Hubungan antara Content Marketing dan Seo

Pemasaran konten: Hubungan antara konten marketing dan seo - Pada artikel ini saya akan menjelaskan salah satu bagian yang cukup penting untuk dijalankan dalam teknik SEO modern yaitu Content Marketing + SEO.

Content marketing & SEO


Mungkin masih banyak yang bingung apa hubungannya pemasaran konten dan juga SEO ?

Ingat, jika kita membuat blog yang di monetize (blog dengan iklan contohnya adsense) berarti kita sudah masuk ke dalam yang namanya dunia bisnis.

Sebagai pelaku bisnis dalam dunia blogging, tujuan utama kita adalah memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca yang tepat.

Untuk dapat mencapai hal tersebut maka dibutuhkan yang namanya content marketing atau pemasaran content dan juga SEO.

Dari tadi ngomongin content marketing melulu, sebenarnya apa sih content marketing itu mas ?
Content marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan untuk mendistribusikan atau menyalurkan konten yang memiliki nilai dan relevan agar dapat sampai kepada pembaca yang tepat.

Untuk membangun sebuah website atau blog yang sukses maka dibutuhkan strategi content marketing dan juga teknik seo yang tepat.

Mengenal lebih dalam apa itu content marketing


Selain pengertian yang telah saya tuliskan diatas, content marketing juga merupakan suatu usaha pemasaran yang dilakukan agar audience dapat mengenali bidang atau jenis bisnis yang kalian jalani.

Meskipun istilah content marketing masih belum terlalu lama dikenal, tetapi dalam prakterknya sudah lama dan sudah sering dilakukan oleh banyak content marketer.

Contohnya saja ada sebuah website atau blog yang akan menjual produk kecantikan, agar dapat menarik pengunjung untuk bisa datang ke website mereka maka mereka akan membuat konten yang berisi informasi mengenai kecantikan. Dari situlah orang-orang yang mencari informasi tentang kecantikan dapat sampai ke website yang mereka buat.

Kasus diatas adalah salah satu contoh kasus content marketing yang sudah sering dilakukan oleh para content marketer. Dari kasus tersebut kalian sudah dapat melihat apa hubungan antara content marketing dan juga SEO.

Karena itulah Seorang content marketer juga harus memahami SEO agar konten yang dia buat dapat masuk dan bersaing pada halaman pertama hasil pencarian google.

Kenapa google ? karena google adalah penyedia trafik dan juga search engine terbesar saat ini.

SEO dan Content Marketing


Seperti yang saya katakan pada pembahasan awal artikel ini, Teknik SEO modern adalah content marketing + SEO. Jika dulu para praktisi SEO yang menerapkan SEO terhadap website mereka selalu berusaha untuk dapat mencari-cari celah agar halaman artikel mereka dapat masuk di page one.

Maka sekarang dalam teknik SEO modern kita harus mencari tahu apa yang sebenarnya audience atau target pasar inginkan.

Ada tiga hal yang menjadi komponen penting SEO modern:
  • Pengunjung atau Audience
  • Blog atau Website
  • Mesin Penacari

Ketiga komponen tersebut wajib untuk diperhatikan agar kita dapat mengetahui apa yang sebenarnya target pasar inginkan.

Pengguna pasti ingin mencari informasi yang bermanfaat dan relevan sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi. Sedangkan Blog atau website pasti menginginkan agar halaman artikel mereka dapat masuk ke peringkat teratas mesin pencari. Dan untuk mesin pencari pasti mereka ingin menampilkan informasi yang paling baik dan juga relevan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pengunjung.

Agar blog atau website kita dapat menjadi prioritas mesin pencari maka konten dari blog atau website tersebut memegang peranan yang penting.



Hal yang perlu dilakukan


Dari beberapa penjelasan diatas, kalian pasti sudah mengerti bahwa konten memegang peranan penting dalam SEO modern.
Untuk itu fokus yang harus kalian jalankan adalah pembuatan konten yang berkualitas.

Tidak semua konten bisa disebut berkualitas. Meskipun konten tersebut memiliki banyak kata di dalam nya belum tentu konten tersebut memuaskan setiap pembacanya.

Jika kalian membuat konten secara asal-asalan atau hanya agar blog kalian memiliki konten maka itu adalah kesalahan besar.

Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Perhatikan kualitas dari konten yang dibuat


Siapapun yang melakukan pencarian pada mesin pencari pasti ingin mendapatkan informasi dari konten yang memiliki kualitas. Begitu juga dengan mesin pencari, pasti semua mesin pencari ingin memberikan hasil pencarian yang terbaik.

Karena itulah wajib hukumnya untuk membuat konten yang memiliki kualitas dan bernilai bagi pengunjung.

Coba kalian lihat, kata kunci dengan persaingan yang sulit pasti di isi oleh website-website yang sudah terkenal. Kenapa ? karena mereka memperhatikan setiap konten yang mereka buat.

Semakin baik kualitas dari konten yang dibuat maka akan semakin reputasi website kalian secara keseluruhan. Jika website sudah memiliki reputasi yang baik maka akan lebih mudah untuk bersaing pada halaman pertama google.

2. Jumlah konten tidak berpengaruh pada reputasi website


Banyak blogger pemula berpikir bahwa semakin banyak konten yang dibuat maka akan semakin mudah website atau blog mereka berada pada peringkat 1 google.

Mindset seperti itu sebenarnya salah.

Memang jumlah konten itu penting untuk sebuah website tetapi jumlah tersebut tidak akan berpengaruh apapun jika kualitas dari konten yang dibuat tidak bernilai.

Buatlah konten yang berbeda dari website atau blog lain. Topik nya sama tapi isi nya beda bahkan isi nya harus lebih banyak informasi yang bermanfaat daripada website atau blog lain yang membahas hal serupa.

Untuk melakukan hal tersebut memang tidak gampang, kalian harus mempelajari terlebih dahulu materi yang akan kalian buat agar materi tersebut lebih kaya dibanding materi yang dibahas pada website atau blog lain.

Semakin sering kalian berlatih membuat konten yang berkualitas maka akan semakin terbiasa dan semakin baik lagi dalam membuat konten yang bernilai.

3. Melakukan promosi konten


Selain membuat konten yang berkualitas, kalian juga perlu melakukan promosi agar konten yang kalian buat dapat diketahui keberadaannya oleh orang lain.

Memang benar tanpa perlu melakukan promosi pun konten kalian dapat dicari oleh orang lain jika sudah terindeks oleh mesin pencari.

Akan tetapi apakah kalian yakin konten yang kalian buat bisa bersaing di page one mesin pencari dengan kata kunci yang persaingannya sulit.

Untuk itulah, promosi diperlukan agar orang lain tahu bahwa kalian juga memiliki konten yang tidak kalah berkualitas dari konten serupa lainnya.

Google bisa saja melakukan ranking artikel yang kalian buat, akan tetapi google tidak dapat menentukan apakah konten tersebut memenuhi kepuasan pembaca atau tidak. Dengan melakukan promosi maka kalian secara tidak langsung membantu google bot untuk dapat menentukan kualitas konten yang kalian miliki melalui faktor kepuasan pembaca.

4. Memahami penggunaan keyword


Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah memahami penggunaan keyword pada artikel.

Kadang kala seorang content marketer salah dalam menerapkan penggunaan keyword pada konten yang mereka buat.

Penggunaan keyword bukanlah hal yang sepele, jika kalian sudah mempelajari tentang SEO maka kalian akan paham keyword termasuk peranan penting dalam SEO.

Penggunaan keyword yang salah dapat berakibat fatal terhadap konten yang dibuat.

Kesalahan penggunaan keyword yang sering terjadi adalah sebagai berikut:
  1. Penggunaan keyword yang berulang-ulang. Ini sering kali dilakukan oleh beberapa content marketer, mereka berhadap dengan penggunaan keyword yang berulang pada suatu artikel maka akan membuat artikel tersebut terlihat relevan terhadap pencarian dengan kata kunci tersebut.
  2. Penggunaan keyword yang terlalu umum. Hal ini juga sering terjadi, penggunaan keyword yang terlalu umum akan membuat konten tersebut terlihat bias atau tidak jelas arah tujuan dari bahasannya. Coba untuk mempersempit keyword agar konten terlihat lebih jelas arah dan tujuannya.
  3. Tidak ada penerapan keyword pada suatu konten. Nah hal ini yang paling buruk, tanpa adanya keyword di dalam suatu konten maka akan lebih mempersulit konten tersebut untuk dapat bersaing di page one mesin pencari. Bayangkan saja, penggunaan keyword yang umum saja sudah sulit apalagi tanpa keyword.
  4. Ada nya bahasan yang memiliki kata kunci yang sama di dalam satu blog atau website. Jika kalian melakukan hal ini berarti kalian harus bersaing dengan website kalian sendiri karena pada umumnya mesin pencari hanya memunculkan 1 artikel dari 1 website pada kata kunci yang sama.

Jadi, kalian harus memahami tujuan pencarian dari keyword yang kalian gunakan. Apakah pengunjung mencari keyword tersebut dengan tujuan untuk membaca artikel tentang keyword tersebut atau kah pencarian keyword tersebut bertujuan untuk membeli suatu produk atau jasa.


Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon