Thursday, November 16, 2017

Konsep dasar SEO : Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerja SEO

Konsep dasar SEO : Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerja SEO - Setelah semua teknis tentang blog dan juga adsense yang sudah saya bagikan pada panduan adsense dan panduan blog saya bagikan, kalian juga perlu memahami tentang SEO agar kalian dapat meningkatkan penghasilan dan peringkat website kalian dalam mesin pencari.

Konsep dasar seo


Memahami apa itu SEO


Berbicara mengenai SEO, saat kita melakukan pencarian dengan keyword tertentu pada mesin pencari baik itu google, bing dan lain sebagainya kalian pasti akan melihat hasil pencarian berupa halaman website atau blog yang relevan dengan keyword yang kalian tuliskan.

Contohnya jika saya melakukan pencarian dengan keyword belajar seo maka google akan memberikan hasil pencarian berupa website ataupun blog yang membahas mengenai keyword tersebut.

Hasil dari pencarian tersebut pasti akan di ranking oleh mesin pencari. Ranking yang dilakukan oleh mesin pencari tidak dilakukan secara sembarangan ataupun random. Ranking teresebut diurutkan berdasarkan hasil yang paling relevan dan juga kualitas dari blog maupun website tersebut.

Agar kualitas dan relevansi dari website ataupun blog kalian dapat dinilai baik oleh mesin pencari maka diperlukan yang namanya SEO. Teknik SEO yang dilakukan bertujuan untuk melakukan optimasi-optimasi agar dapat membuat mesin pencari menilai bahwa blog ataupun website kalian layak dan relevan dengan keyword tertentu.

Mesin pencari pasti memiliki algortima tertentu yang digunakan untuk mengurutkan hasil pencarian berdasarkan kualitas dan relevansi yang terbaik. Agar website ataupun blog kita dapat menyesuaikan algoritma yang dimiliki oleh mesin pencari maka kita perlu menerapkan SEO pada blog atau website kita.

Kenapa SEO penting untuk dipelajari dan diterapkan pada website ?


Dari penjelasan saya mengenai cara kerja mesin pencari dan hubungannya dengan seo pada penjelasan diatas, sudah pasti SEO sangat penting untuk sebuah blog atau website.

Karena hampir semua orang yang melakukan pencarian pada mesin pencari akan mengunjungi halaman yang berada pada posisi pertama page one dari mesin pencari.

Jika posisi pertama dari hasil pencarian masih belum dapat menjawab permasalahan dari pengunjung tersebut, mereka pasti akan mengunjungi posisi kedua dan seterusnya, umumnya merka hanya membuka halaman website pada hasil pencarian page one saja.

Dari kasus tersebut membuktikan bahwa penerapan SEO pada sebuah website atau blog sangat penting untuk dilakukan.

Agar bisa meraih pengunjung yang banyak maka website atau blog kalian wajib berada pada posisi page one mesin pencari terutama adalah google karena google adalah mesin pencari terbesar saat ini.

Konsep Dasar SEO


Suatu mesin pencari baik itu google, bing, yandex dan lain-lain merupakan sebuah produk yang menyediakan hasil informasi. Sudah pasti suatu produk menginginkan customer atau pelanggan mereka puas dari hasil yang diberikan oleh produk tersebut, karena itulah mesin pencari ingin memberikan hasil yang paling relevan terhadap pengunjung atau pengguna yang mencari sesuatu pada mesin pencari tersebut.


Sedangkan pengunjung atau pengguna dari mesin pencari pasti menginginkan hasil yang paling relevan dengan pencarian yang dia lakukan berdasarkan keyword tertentu. Dari kedua kasus diatas berarti SEO bertujuan membuat website atau blog kita menjadi yang paling relevan dan berkualitas baik dalam segi konten, struktur dan navigasinya, Popularitas dan juga kepuasan dari pengunjung.

Apakah bisa suatu website atau blog sukses tanpa SEO ?


Jawabannya tentu saja bisa!

Kenapa ? karena saat ini algoritma yang dibuat oleh mesin pencari baik itu google ataupun bing sudah sangat pintar dalam menilai website mana yang paling relevan dan berkualitas terhadap suatu keyword yang dituliskan oleh pengguna atau pengunjung.

Lalu kenapa kita harus tetap mempelajari SEO ? ini karena SEO saat ini adalah usaha marketing yang dilakukan untuk tujuan bisnis. Jika blog atau website kalian berorientasi ke bisnis seperti blog yang bermitra dengan google adsense maka SEO tetap harus dilakukan agar dapat meraih penghasilan yang maksimal.

Lain hal jika blog atau website kalian hanya website pribadi seperti curhatan-curhatan hidup dan lain sebagainya yang memang tujuannya bukan untuk bisnis. SEO disini tidak terlalu penting untuk diterapkan meskipun dengan keyword tertentu blog kalian masih dapat bersaing pada halaman utama mesin pencari.

Faktor lain yang membuat kita tetap harus mempelajari SEO adalah agar kita dapat mengerti dan membuat suatu website atau blog yang sukes.

Bagaimana menerapkan SEO pada blog atau website kita sendiri ?


Ada banyak cara untuk menerapkan SEO pada blog atau websitem yang kita miliki, mulai dari meminta bantuan orang atau perusahaan yang menyediakan jasa SEO hingga kita sendiri yang menerapkan SEO tersebut pada blog yang kita miliki.

Sebenarnya untuk saat ini penerapan SEO pada blog atau website yang kita miliki sudah sangat mudah untuk dilakukan. Karena sudah ada banyak sekali panduan mengenai teknik SEO yang bisa kalian baca di internet dan salah satunya adalah panduan yang saya sediakan ini.

Untuk blog atau website dengan skala kecil atau website yang hanya menyediakan informasi seperti blog yang saya buat ini maka teknik SEO sederhana dan mudah seperti panduan yang saya buatkan ini sangat cocok untuk diterapkan pada blog kalian.

Akan tetapi jika blog atau website yang menjual suatu produk seperti website atau blog online shop maka saya rasa perlu untuk menggunakan jasa seo yang di tawarkan oleh berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang SEO.

Apa saja hal yang perlu untuk dipelajari dalam teknik seo ?


Ada beberapa hal yang perlu untuk dipelajari jika kita ingin menerapkan SEO pada blog atau website yang kita miliki. Untuk meraih hasil yang maksimal dari penerapan SEO yang kita lakukan maka perlu untuk mempelajari hal-hal berikut ini:

  • Mempelajari optimasi website
  • Mempelajari cara riset kata kunci
  • Mempelajari cara menganalisa kompetitor/pesaing
  • Mempelajari cara optimasi konten
  • Mempelajari cara membangun link, reputasi dan popularitas
  • Mempelajari cara penilaian SEO yang telah dilakukan

Hal-hal diatas perlu kalian pelajari agar dapat membuat blog atau website yang SEO friendly dimata mesin pencari dan juga pengunjung. Semua materi tersebut akan saya buatkan artikelnya di blog ini.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon