Saturday, November 18, 2017

Cara riset kata kunci dan analisa kompetitor untuk blog

Cara riset kata kunci dan analisa kompetitor untuk blog - Sebelum membuat artikel, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menentukan kata kunci yang pas. Maksud dari kata kunci yang pas adalah kata kunci tersebut banyak dicari oleh pengunjung serta tingkat kompetisi nya rendah.

Riset Keyword


Kenapa kita perlu melakukan riset kata kunci ? terutama untuk blog.

Alasannya karena jika kita membuat artikel secara asal-asalan tanpa menentukan kata kunci yang pas seperti yang telah saya jelaskan diatas. Maka hasilnya artikel yang kalian buat akan sepi pengunjung. Mungkin memang bisa berada di page one bahkan peringkat pertama google akan tetapi sepi pengunjung.

Apakah kalian mau membuat artikel yang sepi pengunjung ? jawabannya tentu saja tidak!

Pentingnya riset kata kunci untuk blog


Bercerita sedikit mengenai pengalaman saya saat mengawali dunia blogging tepatnya sekitar 2 tahun yang lalu. Saya tidak pernah melakukan riset kata kunci dalam membuat artikel pada blog yang saya buat.

Lalu hasilnya seperti apa ?

Sudah pasti nihil pengunjung. Artikel yang saya buat beberapa ada yang berada di peringkat 1 google tapi tetap saja sepi pengunjung.

Setelah saya membaca banyak panduan mengenai optimasi blog dan teknik seo barulah saya sadar bahwa membuat artikel tanpa melakukan riset kata kunci dan analisa terhadap pesaing akan membuat artikel tersebut sulit untuk mendapatkan pengunjung.

Khusus untuk blog baru atau blogger pemula tentu masih belum memiliki pondasi SEO yang kuat. Jika kalian asal dalam membuat artikel tanpa melakukan analisa terhadap kompetitor maka hasilnya akan sulit untuk bersaing di peringkat 1 google karena kata kunci yang digunakan harus bersaing dengan blog atau website yang sudah di percaya oleh google.

Mungkin tidak semua artikel yang dibuat tanpa melakukan riset kata kunci dan analisa kompetitor, akan mendapatkan sedikit pengunjung. Akan tetapi itu bisa saja terjadi karena kita beruntung membuat artikel dengan kata kunci yang pas tanpa perlu melakukan riset kata kunci.

Tapi apakah kita akan selalu beruntung seperti itu ?

Tentu saja tidak kan, maka dari itu penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara riset kata kunci serta melakukan analisa terhadap kompetitor atau pesaing dari blog yang kita miliki.

Menggunakan tools untuk melakukan riset kata kunci atau keyword


Ada banyak sekali tools untuk riset kata kunci yang bisa kalian gunakan. Seperti Google Keyword Planner, Moz, Keywordtool.io dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan ketiga tools tersebut, kalian bisa mendapatkan kata kunci yang lebih pas untuk artikel pada blog kalian. Disini akan saya jelaskan cara melakukan riset kata kunci dengan ketiga tools tersebut.

1. Riset kata kunci dengan google keyword planner


Google keyword planner adalah salah satu tools yang bisa digunakan secara gratis untuk melakukan riset kata kunci. Selain gratis google keyword planner juga dimiliki oleh google dan tentu data yang di berikan pasti lebih akurat.

Google Keyword Planner

Menggunakan google keyword planner untuk melakukan riset kata kunci sebenarnya cukup mudah yaitu:
  1. Pada bagian produk atau layanan anda, silahkan isi kata kunci yang ingin kalian cari. Kalian bisa mengisi lebih dari 1 kata kunci dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisahnya.
  2. Pada bagian penargetan isi target negaranya adalah indonesia (sesuaikan dengan target negara kalian).
  3. Pilih bahasa yang ingin kalian gunakan, bisa indonesia atau bahasa lainnya atau bisa juga global (semua bahasa).
  4. Lalu klik dapatkan ide

Jika sudah kalian klik dapatkan ide, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Hasli riset 1

Hasil riset 2

Dari hasil riset kata kunci yang saya cari yaitu "baju biru" maka muncul hasil pencarian yang menampilkan kata kunci yang mirip, volume pencarian, dan persaingan.

Jika kalian sudah mempelajari tentang seo on page pada artikel saya sebelumnya, maka kalian bisa melakukan optimasi seo on page dengan menggunakan keyword baju anak yang jumlah volume pencariannya lebih besar dibandingkan dengan baju biru.

Kurang lebih cara untuk melakukan riset kata kunci adalah seperti itu.

Baca juga :
Cara Optimasi SEO On Page

2. Riset kata kunci dengan moz


Setelah mendapatkan kata kunci seperti di google keyword planner diatas, kalian bisa menggunakan moz untuk melihat daftar judul dan pesaing yang berada di page one google dengan keyword baju anak tersebut.

Silahkan kalian kunjungi moz.com

Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Moz keyword explorer

Untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan moz caranya cukup mudah yaitu:
  1. Isikan kata kunci yang ingin kalian cari pada kolom pencarian.
  2. Lalu ganti regional yang ingin kalian targetkan pencariannya, jika keadaan default maka regional nya United States, maka kalian ganti ke Indonesia (sesuaikan target negara pencarian kalian).
  3. Klik tombol search yang ada di kanan kolom pencarian.

Setelah itu akan muncul tampilan tentang keyword yang kalian cari, saya menggunakan keyword Jual baju anak murah. Maka akan muncul Tingkat kesulitan persaingan, Organic CTR (tingkat klik organik) serta prioritas keyword yang dicari. Selain itu ada juga tingkat kata kunci yang disarankan serta hasil analisi SERP pada page one google.

hasil analisis moz

Kalian bisa gunakan keyword atau kata kunci yang mereka sarankan tersebut atau kalian bisa melihat hasil dari SERP analisis dan melakukan analisis terhadap judul yang pesaing kalian gunakan.


3. Menggunakan keywordtool io


Selain kedua tools diatas, kalian bisa menggunakan keywordtool.io untuk menentukan keyword turunan yang nantinya bisa kalian gunakan pada kedua tools diatas untuk melihat volume pencarian dan juga  tingkat kesulitan dari keyword turunan yang kalian dapatkan dari keywordtool.io

Keywordtool.io


Cara menggunakan keyword.io cukup mudah yaitu:
  1.  Isi kan keyword yang ingin kalian cari.
  2. Pilih mesin pencari yang ingin digunakan (saya menggunakan google.co.id).
  3. Lalu pilih target negara (saya pilih indonesia).
  4. Setelah itu klik tombol search.

Maka akan muncul keyword turunan yang bisa kalian gunakan untuk riset kata kunci pada kedua tools diatas yang sudah saya jelaskan.

Jika kalian ingin melihat volume pencarian, harga per klik, serta kompetisi adwords nya kalian harus mendaftar dan itu berbayar. Tapi jika menurut kalian itu perlu maka silahkan dilakukan.

Dengan melakukan riset kata kunci dan juga analisa terhadap pesaing secara benar maka kalian bisa lebih mudah untuk masuk ke page one mesin pencari. Terutama bagi blog baru ini sangat dianjurkan agar lebih mudah untuk menjaring pengunjung.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon