Tuesday, November 21, 2017

Belajar Optimasi SEO Off Page : Memahami Cara Kerja SEO Off Page

Belajar Optimasi SEO Off Page : Memahami Cara Kerja SEO Off Page - Seo off page adalah cara yang digunakan untuk melakukan optimasi pada mesin pencari di luar webiste. Sebelumnya saya sudah membahas tentang seo on page, dimana kita melakukan optimasi dari dalam website.

Seo Off Page

Pada umumnya melakukan teknik seo hanya dengan mengandalkan SEO on page saja tidaklah cukup. Apalagi jika blog atau website kalian masih seumur jagung (masih baru), dimana kalian masih belum memiliki pengunjung tetap, maka SEO on page tidak akan cukup.

Memahami cara kerja Google bot


Sebelum membahas lebih jauh tentang seo off page, sebaiknya kalian mengerti bagaimana mekanisme kerja dari google bot.

Google bot adalah robot yang digunakan oleh google untuk mengumpulkan link yang terdapat di internet atau biasa juga disebut crawling. Setelah melakukan crawling maka google bot akan melakukan indexing dari hasil crawling tersebut dan mengurutkan website berdasarkan peringkatnya.

Disinilah kenapa link building sangat diperlukan oleh suatu website. Seperti yang sudah saya jelaskan, bahwa google bot melakukan crawling melalui link yang terdapat pada halaman website.

Jika suatu website memiliki banyak link dari luar yang menuju ke website tersebut maka peringkat website tersebut dapat naik.

Dengan catatan, link tersebut juga berasal dari website yang memiliki reputasi baik dan konten yang berkualitas.

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa backlink juga berpengaruh dalam menentukan peringkat suatu website.



Teknik link building yang salah


Salah satu cara untuk melakukan optimasi seo off page adalah dengan link building. Akan tetapi banyak para blogger yang melakukan cara yang salah dalam menerapkan link building.

Hal ini sering kali di jumpai pada grup atau forum blogger, pada zaman sekarang ini banyak sekali blogger yang ingin secara instan memiliki trafik yang banyak tapi malas untuk melakukan content marketing dan membuat konten yang memiliki nilai bagi pengunjung (konten berkualitas).

Mereka memilih jalan pintas untuk bisa mendapatkan trafik dengan melakukan teknik link building yang salah.

Ada beberapa teknik link building yang salah dan sering kali dilakukan oleh para blogger instan (begitu saya menyebutnya):

  1. Saling melakukan backlink tanpa melihat kualitas website yang akan diberikan backlink. Hal ini sering kali saya temui di grup atau forum blogger. Mereka saling bertukar link untuk melakukan link building tanpa peduli apakah website tersebut layak untuk dipasang backlink atau tidak.
  2. Melakukan spam dengan meninggalkan link pada kolom komentar. Hal ini pasti sering kalian temui pada komentar-komentar blog, banyak sekali blogger instan yang akan meninggalkan link mereka tanpa memberikan komentar yang cerdas.
  3. Menggunakan software auto backlink. Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk mendapatkan backlink secara instan. Tapi hal ini sangat tidak baik di mata mesin pencari. Karena backlink yang kalian dapatkan bukanlah link yang berkualitas.
  4. Membuat blog pribadi yang digunakan untuk menanam backlink ke blog utama yang kalian miliki.
  5. Melakukan spam. Segala bentuk spam yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan backlink adalah cara yang salah dan tidak memberikan dampak positif untuk blog kalian.

Jika kalian merasa telah melakukan teknik backlink diatas maka segera tinggalkan. Teknik backlink diatas tidak akan memberikan dampak positif untuk blog atau website yang kalian miliki.

Tidak hanya SEO on page yang memerlukan kualitas, SEO off page pun juga memerlukan kualitas yang baik dalam penerapannya. Karena jika kalian melakukan cara seo off page yang salah maka akan memberikan dampak buruk pada blog atau website yang kalian miliki.

Cara melakukan teknik SEO off page yang benar


Untuk melakukan optimasi seo offf page maka kalian pelu melakukannya dengan benar. Ada beberapa hal agar optimasi seo off page dapat memberikan hasil yang positif untuk blog atau website yang kalian miliki.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengoptimasi seo off page pada blog kalian.

1. Keterlibatan Social Media


Meskipun masih banyak perbedaan pendapat mengenai dampak dari keterlibatan social media terhadap SEO off page, tetap saja social media bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan website atau blog yang kalian miliki.

Selain memiliki konten yang berkualitas, kalian juga perlu mempromosikan konten tersebut agar orang lain dapat mengetahui keberadaan konten yang kalian miliki.

Tapi jangan melakukan spam pada social media untuk mendapatkan trafik.

Seperti yang sering saya temui pada grup blogger, banyak para blogger yang memberikan link mereka tanpa memperhitungkan apakah target audience mereka sudah tepat atau belum.

Seperti yang sudah saya lakukan pada salah satu blog yang saya miliki. Saya membuat halaman untuk blog saya yang membahas tentang resep makanan. Lalu saya memberikan resep-resep melalui halaman tersebut dan terbukti mendapatkan like dan share yang cukup banyak karena target audience yang saya incar memang tepat sasaran.

Kurang lebih seperti itulah cara yang tepat untuk menargetkan audience kalian.

Jika orang lain merasa artikel yang kalian bagikan memang memberikan dampak positif terhadap mereka pasti mereka akan merekomendasikan artikel kalian lagi kepada orang lain.

Berikut ini adalah daftar social media yang cukup populer digunakan oleh para netizen.

NO Nama Social Media Domain Authority Page Authority
1 Twitter 100 97
2 Facebook 100 97
3 Google + 100 97
4 Linkedin 100 97
5 Pinterest 100 97

2. Situs Social Bookmarking


Selain dengan melakukan promosi pada social media, kalian juga dapat melakukan promosi dengan menggunakan situs social bookmarking. Ketika kalian melakukan bookmark halman blog atau web yang kalian miliki pada situs social bookmarking yang populer, maka blog atau wesite kalian juga bisa mendapatkan trafik yang tinggi.

Ada beberapa situs social bookmarking yang cukup populer yang bisa kalian gunakan.

NO Situs Social Bookmarking Domain Authority Page Authority
1 https://delicious.com 95 96
2 http://digg.com 98 96
3 http://slashdot.org 95 95
4 http://technorati.com/ 97 95
5 http://diigo.com 88 78

3. Aktif di dalam sebuah grup atau forum


Kalian juga dapat mempromosikan blog yang kalian miliki dengan cara akitf pada grup atau forum yang memang sejalan dengan topik atau niche blog yang kalian angkat.

Jika kalian aktif di dalam forum atau grup yang membahas topik yang sama dengan blog yang kalian miliki maka kalian akan lebih mudah untuk mempromosikan blog kalian.

Contohnya saja saya memiliki blog tentang resep maka saya perlu bergabung dengan grup yang membahas tentang masakan atau resep. Lalu saya menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh member grup tersebut seputar resep atau bisa juga saya membagikan tips-tips memasak, resep masakan, dan lain sebagainya yang memiliki sangkut paut terhadap topik pada grup tersebut.

4. Melakukan dokumen sharing


Kalian bisa mempromosikan blog atau website kalian dengan cara membuat dokumen menarik yang berhubungan dengan bisnis atau blog yang kalian bahas.

Akan tetapi membuat dokumen yang serupa dengan topik yang kita bahas tidak mudah.

Dokumen yang kalian buat harus memiliki konten yang unik dan juga harus dalam format pdf atau ppt.

Jika kalian sudah memiliki dokumen dengan kategori seperti yang saya sebutkan diatas maka kalian bisa mengirimkan dokumen-dokumen ini di situs berbagi dokumen.

Ada beberapa situs berbagi dokumen yang cukup populer yang bisa kalian coba.

NO Situs Berbagi Dokumen Domain Authority Page Authority
1 http://www.slideshare.net/ 96 96
2 https://www.scribd.com/ 93 94
3 http://issuu.com/ 94 95

5. Melakukan promosi melalui konten gambar


Selain beberapa cara diatas, kalian juga bisa melakukan promosi blog yang kalian miliki dengan menggunakan gambar. Untuk melakukan promosi seperti ini kalian bisa menggunakan social media yang berorientasi gambar seperti instagram, picasa, tumblr, flickr dan lain sebagainya.

Tapi sebelum kalian melakukan promosi dengan gambar pastikan terlebih dahulu kalian sudah melakukan optimasi pada URL dan juga tag gambar kalian secara benar.

Periksa terlebih dahulu apakah judul, deskripsi, dan tag pada gambar tersebut sudah benar dan relevan terhadap gambar yang kalian bagikan.



Faktor-faktor SEO off page yang mempengaruhi rangking website


Tujuan utama kita melakukan off page seo adalah menaikkan popularitas dari website atau blog yang kita miliki.

Ada banyak faktor yang bisa menentukan rangking website atau blog kita pada mesin pencari.

Seperti yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas, kita sudah tau bahwa faktor utama yang mempengaruhi rangking website atau blog kita melalui optimasi seo off page adalah backlink.

Akan tetapi ada faktor lain yang juga bisa menentukan rangking website atau blog kita dengan optimasi seo off page ini.

1. Tingkat kualitas dari backlink


Sudah saya jelaskan diawal bahwa pada SEO off page kita memerlukan yang namanya backlink yang berkualitas untuk menaikkan rangking website atau blog yang kita miliki.

Lalu faktor-faktor apa saja yang menentukan suatu backlink dapat disebut berkualitas ?

  • Reputasi dari website yang memberikan backlink
  • Tingkat keaktifan dari website yang memberikan backlink
  • Membahas niche atau topik yang sama
  • Dofollow dan Nofollow
  • Bahasa dari website yang memberikan backlink harus sama
  • Umur website yang memberikan backlink
  • Penempatan backlink dilakukan secara kontekstual

Penempatan backlink yang dilakukan secara kontekstual akan membuat google lebih memahami tentang maksud dari pemberian backlink tersebut. Karena google membaca teks pada link tersebut dan menentukan bahasan atau maksud dari teks tersebut.

2. Penggunaan Anchor text


Mungkin masih banyak yang bingung apa itu anchor text ?

Jadi anchor text adalah suatu kalimat yang di dalamnya berisikan link yang menuju ke alamat tertentu. Kalian juga biasa mengenalnya dengan istilah hyperlink.

Penggunaan anchor text yang tepat akan membuat rangking website kalian akan meningkat.

Anchor text ini biasa juga kalian temui pada artikel yang mengikuti lomba SEO karena penggunaan anchor text merupakan salah satu syarat yang biasa juga disertakan dalam acara lomba SEO.

Contoh penggunaan anchor text adalah seperti berikut ini:

  • Jika ingin lebih memahami tentang konsep dasar SEO silahkan baca artikel yang sudah saya buat tentang konsep dasar SEO yang ada di blog ini.
  • Sebelumnya, agar optimasi seo off page lebih maksimal maka sebaiknya kalian baca terlebih dahulu tentag SEO on page yang sudah saya siapkan.

Kurang lebih seperti itu contoh penggunaan anchor text. Kalian bisa menyesuaikan penggunaan anchor text pada artikel yang kalian buat.

3. Jumlah dari backlink yang di dapat


Seperti yang telah saya katakan, semakin banyak backlink yang kalian dapatkan maka akan semakin baik peringkat website yang kalian miliki. Tapi dengan catatan backlink tersebut harus memiliki kualitas dan reputasi yang baik.

Jika backlink yang kalian dapatkan tidak memiliki kualitas serta reputasi yang baik maka sebanyak apa pun backlink tersebut tidak akan memberikan dampak yang positif untuk blog atau website kalian.

4. Jenis backlink yang digunakan


Mungkin kalian berpikir bahwa backlink adalah link yang ditempatkan pada suatu text tertentu pada halaman tertentu yang terhubung ke alamat website kita.

Jika kalian berpikir seperti itu maka kalian harus tau bahwa backlink tidak hanya berbentuk text seperti itu atau biasa juga disebut dengan backlink kontekstual.

Ada beberapa jenis backlink yang bisa kalian dapatkan seperti directory, advertorial (jenis backlink seperti iklan), profile, widget dan lain sebagainya.

Jika kalian mendapatkan backlink yang natural pasti backlink tersebut bisa berbeda jenis dan inilah penyebab mengapa google menyukai backlink yang natural.

Karena backlink yang di dapat tidak secara natural pasti akan memiliki jenis yang hampir sama.

5. Aktivitas dan Reputasi Website


Coba kalian lihat blog atau website yang populer, mereka pasti memiliki reputasi yang baik tidak hanya di mata mesin pencari melainkan juga di mata pengunjungnya.
Bagaimana cara kita mengetahui reputasi blog atau website kita baik di mata pengujung ?

Cara nya cukup sederhana lihat saja komentar yang diberikan oleh para pembaca blog atau website tersebut, apakah positif atau negatif  ? Jika positif maka blog atau website tersebut memiliki reputasi yang baik dimata pengujnungnya, jika negatif maka sebaliknya. Seperti itulah cara menentukannya.

Google juga bisa menentukan apakah suatu website populer atau tidak dengan cara melihat tingkat popularitasnya pada social media.

Website yang populer pasti akan mendapatkan banyak share dan like pada social media mereka dan begitu pula sebaliknya.

Kelima faktor diatas sebenarnya tidak disebutkan secara pasti oleh mesin pencari, akan tetapi kita bisa melihatnya dengan melakukan analisis pada blog-blog yang sudah populer dan hampir semua blog tersebut memang dipengaruhi oleh kelima faktor diatas.

Jadi itulah cara bagaimana melakukan optimasi SEO off page versi blogsensepedia, setiap blog atau website memiliki caranya masing-masing tetapi kita juga bisa mengadopsi cara optimasi yang sudah ada dan melakukan beberapa modifikasi sesuai dengan blog yang kita miliki.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon