Wednesday, November 22, 2017

Link Building: Strategi dan Teknik Mendapatkan Backlink Berkualitas

Link Building: Strategi dan Teknik Mendapatkan Backlink Berkualitas - Pada panduan kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan link building untuk blog atau website kalian. Maksud dari link building adalah cara yang digunakan agar suatu blog atau website bisa mendapatkan backlink. Tentu backlink yang di maksud adalah backlink yang berkualitas.

Link Building

Hal terpenting yang harus dilakukan dalam teknik SEO adalah link building.

Jika kita ingin mendapatkan trafik pengunjung yang banyak maka link building adalah sesuatu yang harus dipelajari dan diterapkan.

Salah satu pakar SEO google mengatakan bahwa ada 3 faktor yang mempengaruhi rangking yang dilakukan oleh google, salah satunya adalah backlink.

Dari pernyataan tersebut kita dapat mengetahui bahwa link masih menjadi salah satu algoritma penentu rangking pada mesin pencari google.

Mengapa bisa demikian ?

Apakah kalian masih ingat dengan Yahoo! dan juga Alta Vista ? mereka adalah search engine yang cukup populer di masa sebelum adanya google.

Algoritma rangking yang mereka gunakan 100% melihat isi konten dari suatu website.

Setelah google muncul, algoritma rangking yang awalnya hanya melihat isi dari konten pun mulai perlahan berubah. Google membuat suatu mesin pencari yang bisa menentukan kualitas suatu halaman tidak hanya dari konten nya saja melainkan juga melihat seberapa banyak orang yang terhubung ke website tersebut melalui link yang menghubungkan website tersebut ke website lainnya.

Dan terbukti hingga sekarang, backlink masih menjadi salah satu faktor penentu terbaik untuk menentukan kualitas dari suatu website.

Akan tetapi kuantitas harus sejalan dengan kualitas, kenapa seperti itu ? meskipun kalian memiliki banyak backink, akan tetapi backlink tersebut tidak berkualitas maka website kalian bisa terkena penalty dari google.

Sekarang, google sudah memiliki google penguin. Dimana google dapat menentukan kualitas dari link. Jadi hati-hati dalam bertukar backlink.

Jadi seperti apa sih link yang berkualitas itu ? dan bagaimana cara melakukan link building yang tepat ?

Silahkan simak pembahasan lebih lanjutnya pada artikel ini.




Bagaimana cara menentukan link yang berkualitas ?


Sebelum kita membahas cara menentukan link yang berkualitas, perlu kalian ketahui akan ada dua hal yang salah satunya bisa saja terjadi pada kalian jika melakukan link building:
  1. Link building yang berkualitas: Kalian benar dalam melakukan link building dan tinggal duduk bersantai menikmati blog kalian berada di peringkat 1 google atau mesin pencari lainnya.
  2. Link building yang tidak berkualitas: Kalian salah dalam melakukan link building dan website atau blog kalian terkena penalty dari google, visitor pun anjlok.
Point kedua bisa saja terjadi pada semua praktisi seo jika salah kaprah dalam menerapkan strategi link building.

Agar dapat menghindari hal tersebut maka saya jelaskan beberapa cara untuk menentukan link yang layak untuk kita masukan kedalam strategi link building yang akan kita lakukan.

1. Menentukan backlink berdasarkan Page Authority nya


Sebelum memilih backlink unuk blog atau website kalian, hal yang pertama harus kalian lihat adalah Page Authority dari blog atau website tersebut.

Page Authority sendiri adalah tingkat persentase kemungkinan halaman dari suatu website untuk berada di peringkat teratas mesin pencari. PA memiliki ukuran dari 1 hingga 100 dimana semakin besar tingkat PA dari suatu website maka akan semakin besar juga kemungkinan halaman dari website tersebut untuk bisa berada di peringkat teratas mesin pencari.
Jika kalian bisa mendapatkan backlink dari website yang memiliki rating Page Authority yang tinggi maka akan semakin memberikan dampak yang baik juga untuk website kalian.

Meskipun google tidak memberikan keterangan secara jelas tentang algoritma rangking yang mereka tetapkan, mereka tetap menggunakan page authority sebagai salah satu penentu rangking dari suatu halaman website.

Untuk melakukan pengecekan page authority dari suatu website kalian bisa menggunakan beberapa tools yang ada seperti salah satu tool yang sering saya pakai yaitu Moz Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer


Cara menggunakan moz keyword explorer cukup mudah:
  1. Jenis pencarian pilih root domain
  2. Masukan URL website yang akan kalian cek
  3. Maka akan muncul hasil dari Page Authority dan juga Domain Authority nya

2. Menentukan backlink dengan melihat Domain Authority nya


Selain kita harus memperhitungkan Page authority dari suatu website untuk kita jadikan backlink website atau blog yang kita miliki, kita juga perlu melihat tingkat domain authority dari website tersebut.

Domain Authority adalah suatu ukuran dari kekuatan sebuah nama domain. Domain Authority juga merupakan salah satu faktor penentu peringkat website terhadap mesin pencari. Sama hal nya dengan Page Authority, Domain Authority juga memiliki ukuran yang ditentukan dari 1 hingga 100. Semakin besar maka akan semakin bagus website tersebut di mata mesin pencari.

Jika kalian menggunakan subdomain seperti blogspot.com, blogspot.co.id maka DA nya pasti akan tinggi karena subdomain tersebut adalah milik google.

Akan tetapi jika kalian menggunakan domain TLD maka akan sulit untuk mendapatkan DA setinggi itu, ada usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menaikkan DA dari blog berdomain TLD yang kalian miliki.

Kembali lagi ke bahasan menentukan backlink berdasarkan DA, usahakan kalian bisa mendapatkan backlink dari situs web yang memiliki DA tinggi. Sama seperti PA kalian bisa mengecek DA dari tools moz keyword explorer.

3. Mendapatkan backlink dari website yang relevan


Selain melihat PA dan DA, kalian juga harus memilih backlink dari website yang relevan dengan website atau blog yang kalian miliki.

Sebelum tahun 2012, jumlah backlink memang sangat berpengaruh terhadap peringkat website tanpa melihat relevansi dari topik yang dibahas oleh website tersebut.

Saya mendapatkan data terbaru bahwa hal tersebut tidak cukup untuk menentukan rangking pada suatu website. Menurut pakar SEO google “…getting a link from a high Page Rank page used to always be valuable, today it’s more the relevance of the site’s theme in regards to yours, relevance is the new Page Rank.”

Kira-kira artinya seperti ini ".. dulu mendapatkan backlink dari website yang memiliki page rank yang tinggi memang sangat memberikan pengaruh yang besar. Saat ini hal tersebut tidak cukup untuk menentukan rangking dari website yang kalian miliki. Backlink yang kalian dapatkan selain berasal dari website yang berkualitas juga harus berasal dari website yang memiliki bahasan yang sejenis."

Dari hal tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa mendapatkan backlink dari website yang bagus saja tidak cukup, kita juga harus mendapatkan backlink dari website yang bagus dan relevan terhadap pembahasan website atau blog yang kita miliki.

4. Posisi penempatan backlink


Sebenarnya saya sudah menjelaskan tentang jenis backlink berdasarkan penempatannya pada artikel optimasi seo off page pada pembahasan sebelumnya.

Jenis penempatan backlink harus diperhatikan jika kalian ingin mendapatkan backlink dengan hasil yang maksimal.

Pastikan terlebih dahulu backlink yang akan kalian dapatkan berada dimana posisinya.

Apakah berada di dalam konten artikel ?

atau berada di bagian footer ?

Ada beberapa penempatan backlink yang menurut saya bagus, yaitu penempatan backlink pada artikel dan penempatan backlink pada widget (bisa berbentuk profil blog dan sebagainya).

Seperti yang sudah saya katakan, semakin banyak variasi backlink yang kalian dapatkan, maka akan semakin bagus untuk website atau blog kalian.

Google menginginkan backlink yang natural, backlink yang natural sudah pasti bisa berbeda jenis penempatannya dan ini yang disukai oleh google.


Strategi link building untuk mendapatkan backlink berkualitas


Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dengan strategi link building white hat tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi hasil yang akan kalian dapatkan jauh lebih baik dibandingkan melakukan strategi link building yang bisa dikatakan black hat.

Strategi link building yang saya jelaskan dibawah ini tidak serta merta akan langsung memberikan dampak pada website atau blog yang kalian miliki.

Butuh proses untuk bisa merasakan hasil dari strategi link building yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Selain itu kembali lagi juga kepada diri sendiri, strategi link building dibawah ini bisa saja gagal jika kalian tidak melakukan nya dengan benar.

1. Buat konten yang bernilai bagi pengunjung


Hal utama yang harus kalian lakukan dalam menerapkan strategi link building ini adalah kalian harus memiliki konten yang bernilai bagi pengunjung.

Kalian pasti sudah mengerti apa itu konten yang bernilai jika kalian sudah membaca panduan teknik seo saya dari awal hingga tahap ini.

Untuk bisa mendapatkan backlink yang natural tentu kalian harus memiliki konten yang berkualitas.

Coba saja kalian pikirkan, siapa yang mau merekomendasikan website yang tidak memiliki konten yang berkualitas ?

Kecuali website yang memberikan backlink tersebut juga tidak berkualitas. Sama-sama tidak berkualitas, ya wajar saja saling bertukar link.

Seperti pada pembahasan backlink berkualitas diatas, website yang bisa memberikan kalian backlink yang berkualitas pasti website yang sudah populer atau setidaknya memiliki reputasi yang baik bagi mesin pencari dengan kriteria-kriteria yang sudah saya jelaskan diatas.

Karena itulah konten yang berkualitas adalah modal penting untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

2. Mendapatkan backlink melalui broken link


Anggaplah poin pertama sudah kalian penuhi, cara pertama untuk mendapatkan backlink adalah dengan mengisi broken link yang ada pada website lain yang sejenis dengan link kita.

Apa itu broken link ? broken link adalah link mati yang terdapat pada suatu website. Maksudnya adalah jika kalian meng-klik link tersebut maka link tersebut tidak bisa diakses.

Disinilah celah kalian bisa mendapatkan backlink.

Tapi mendapatkan backlink dari broken link website yang sudah populer tentu tidak mudah

Bagaimana caranya ?

Disini kalian juga memerlukan katakanlah social engineering.

Kalian harus membangun hubungan dengan si pemilik website broken link tersebut. Caranya dengan rutin berkomentar pada artikel yang mereka buat (bukan komentar spam). Berikan komentar cerdas pada artikel yang mereka buat.

Seperti apa komentar cerdas ? komentar cerdas yaitu memberikan komentar yang menyangkut tentang pembahasan pada artikel tersebut. Kalian bisa memberikan kritik dan saran terhadap artikel yang mereka buat.

Selain itu rutin membagikan artikel yang mereka buat ke social media, ini salah satu pendekatan yang bisa kalian lakukan.

Jika kalian melakukan hal tersebut secara rutin, maka mereka akan mengenal kalian. Akan lebih mudah jika kita meminta backlink terhadap orang yang sudah mengenal kita.

3. Melakukan analisa backlink yang dimiliki oleh pesaing


Selain cara diatas, kalian juga bisa mendapatkan backlink dengan cara melihat backlink yang dimiliki oleh pesaing kalian.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melihat dan menganalisis backlink yang dimiliki oleh kompetitor atau pesaing kalian.

Contohnya seperti:

Dengan menggunakan tools diatas kalian bisa melihat backlink yang dimiliki oleh kompetitor atau pesaing kalian.

Silahkan kalian analisis backlink yang dimiliki oleh pesaing kalian, yang mana yang merupakan backlink yang berkualitas dan bisa kalian jadikan backlink kalian juga, yang mana yang merupakan backlink yang tidak berkualitas sehingga kalian bisa terhindar dari penalty dari google.

4. Mendapatkan backlink dari website direktori


Kalian juga bisa mendapatkan backlink melalui website direktori. Akan tetapi tidak semua website direktori bisa kalian jadikan backlink.

Pastikan terlebih dahulu apakah website direktori tersebut bukan website direktori yang bisa dikategorikan sebagai spam.

Bagaimana cara mengetahuinya ?

Website direktori yang bersih dari spam adalah website direktori yang memiliki niche atau bahasan yang tidak terlalu beragam. Bisa dikatakan website direktori tersebut hanya membahas beberapa niche yang sejenis saja.

Selain itu jika kalian lihat website direktori tersebut tidak melakukan penyaringan terhadap daftar website yang mereka terima, jangan submit website kalian pada website direktori tersebut.

Selain kedua hal tersebut website direktori yang bagus juga berisi website-website yang kualitasnya juga bagus. Jadi pastikan website yang submit pada website direktori tersebut kualitasnya juga bagus.

5. Lakukan guest blogging


Dibandingkan keempat cara sebelumnya, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan backlink.

Hampir semua teknik link building pasti menyarankan yang namanya guest blogging. Selain mudah untuk dilakukan, guest blogging juga bisa menjadi ladang promosi website atau blog baru yang masih belum dikenal dan belum memiliki pengunjung.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga, tidak semua website atau blog yang menawarkan jasa guest blogging itu bagus.

Sama hal nya seperti keempat cara diatas, pastikan terlebih dahulu website guest blogging tersebut bukan website ecek-ecek alias tidak berkualitas.

Lalu bagaimana cara menentukan apakah suatu website guest blogging berkualitas ?

Kalian bisa melakukan pengecekkan terhadap umur dari website tersebut, setidaknya website tersebut sudah berjalan secara konsisten selama lebih dari 1 tahun. Jika website tersebut sudah berjalan lebih dari satu tahun maka boleh kalian perhitungkan.

Selain umur website, kalian juga harus memilih website guest blogging yang memiliki bahasan yang sama dengan website atau blog kalian.

Traffik dari website guest blogging yang baik bisa dikatakan ramai, kalian bisa mengecek nya di alexa rank.

Website guest blogging yang baik juga harus memiliki tampilan website yang rapi serta konten artikel nya memang berkualitas.

Jika kalian sudah menemukan website guest blogging seperti kriteria yang saya sebutkan maka website tersebut layak untuk kalian gunakan.

Bagaimana cara mencari website guest blogging yang relevan dengan topik yang saya bahas mas ?

Caranya mudah, kalian bisa menuliskan keyword topik yang kalian bahas lalu diikuti dengan kata guest post dibelakangnya. Contoh: "Tips blogging guest post", "blogger tamu niche kesehatan" dan lain sebagainya.

6. Mendapatkan backlink dari brand mention


Saya sudah menyarankan dari awal pada artikel panduan blog yang membahas cara membuat blog dengan blogspot. Disitu sudah saya sarankan untuk membuat blog dengan nama yang bisa menjadi brand blog kalian.

Karena ini adalah cara yang cukup efektif dilakukan jika kalian sudah memiliki konten berkualitas dan juga brand tersendiri.

Misalkan kalian punya blog dengan nama "Tips Mobil"

Jika ada orang yang menuliskan nama brand kita pada artikel mereka atau yang lain. Inilah yang disebut dengan brand mention.

Teks tersebut awalnya hanyalah teks biasa, tapi kalian bisa memanfaatkan teks branding tersebut untuk menjadi backlink website atau blog kalian
Untuk mengetahui brand mention, kalian bisa menggunakan beberapa tools seperti:

Dengan menggunakan tools diatas kalian bisa mendapatkan notifikasi jika ada seseorang yang menyebutkan brand kalian.

Keenam cara diatas bisa kalian coba untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas untuk website atau blog yang kalian miliki. Jika kalian mengikuti cara-cara diatas dengan benar insha allah website kalian bisa meroket pada peringkat teratas mesin pencari.


Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon