Thursday, November 23, 2017

Cara mudah dan jitu untuk meningkatkan BPK google Adsense

Cara mudah dan jitu untuk meningkatkan BPK google Adsense - Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara meningkatkan Biaya Per Klik atau BPK google adsense, apakah kalian tahu darimana asalnya iklan google adsense ini ?

meningkatkan bpk adsense

Iklan yang ditampilkan oleh google adsense adalah iklan yang di pasang oleh para pengiklan google Adwords. Setiap pengiklan yang beriklan di google adwords, mereka akan membayar setiap klik yang dibuat pada iklan mereka kepada google.

Setiap iklan adsense yang kita pasang pada website atau blog kita dan kita mendapatkan klik pada iklan tersebut, maka kita akan mendapatkan bayaran dari persentase pembayaran yang dilakukan oleh pengiklan kepada google.

Maksudnya begini, coba kalian lihat pada bagian content dan penelusuruan.

Bagi hasil google

Seperti pada gambar diatas ada keterangan 68% bagi hasil penayang untuk content dan 51% bagi hasil penayang untuk penelusuran.

Dari gambar tersebut berarti jika iklan pada blog kita di klik oleh pengunjung, lalu harga iklan yang dibayar oleh pengiklan adalah sekitar $2 dollar atau Rp.26.000,00 maka kita akan mendapatkan 61% dari harga yang dibayarkan oleh pengiklan yaitu sekitar $1.36 dollar atau sekitar Rp.15,860.

Jika kita ingin mendapatkan BPK tinggi pada iklan google adsense kita, maka kita perlu melakukan beberapa cara optimasi BPK agar harga dari BPK tersebut meningkat.

Perlu di ingat, kita tidak bisa menentukan harga BPK tersebut, Google lah yang menentukan harga dari BPK iklan adsense yang tampil di blog kita berdasarkan berbagai faktor.

Hal utama yang sangat saya rekomendasikan adalah membuat blog dengan 1 niche atau bahasan saja.

Kenapa ?

Jika kalian membuat blog yang membahas 1 niche saja, maka google akan lebih mudah untuk  menentukan iklan yang lebih sesuai dengan target pasar kalian. Iklan yang relevan dengan artikel atau konten yang dibahas maka akan lebih meningkatkan potensi klik oleh pengunjung.

Hal ini sebenarnya penting dilakukan karena tutorial ini bakal percuma saja jika kalian tidak mendapatkan klik iklan dari pengunjung.

Logika nya begini, percuma BPK tinggi jika tidak ada yang klik iklan. Namun sebaliknya, tak apa BPK rendah tapi yang klik iklan banyak.

Apabila hal tersebut sudah kalian terapkan maka langkah selanjutnya adalah cara-cara untuk meningkatkan harga BPK adsense tersebut.

Cara Meningkatkan Harga BPK Adsense


Beberapa cara dibawah ini adalah cara untuk mengoptimasi harga BPK adsense pada blog atau website yang kalian buat.

1. Dapatkan trafik pengunjung yang berkualitas


Hal pertama untuk meningkatkan BPK adsense adalah dengan cara mendapatkan trafik pengunjung yang berkualitas.

Hampir saya lihat semua panduan yang membahas tentang cara meningkatkan BPK adsense jarang untuk membahas hal ini. Padahal hal ini adalah hal yang paling utama yang harus dilakukan agar bisa meraih pundi-pundi rupiah yang banyak dari blog atau website yang kita miliki.

Maksudnya trafik pengunjung berkualitas itu seperti apa mas ?

Jadi trafik pengunjung yang berkualitas maksudnya adalah seperti hal yang sudah saya rekomendasi kan diatas yaitu 1 blog hanya membahas 1 niche saja.

Kenapa harus seperti itu ?

Karena kita berbicara dunia bisnis, untuk bisa mendapatkan keuntungan maka kita perlu mengenali target pasar kita.

Coba saja pikirkan, jika kita membahas 1 niche saja contohnya niche blog tentang resep masakan, maka audience nya pasti orang-orang yang ingin mencari resep masakan atau orang-orang yang memang hobi memasak.

Google akan menampilkan iklan yang relevan terhadap pencarian orang tersebut yaitu seputar dunia memasak. Tentu saja orang-orang yang mencari resep atau apapun itu sesuai niche resep atau masakan pasti akan memiliki persentase meng-klik iklan lebih tinggi karena iklan yang ditampilkan sesuai dengan apa yang mereka sukai, kira-kira seperti itu.

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal panduan ini, pelanggan dari google adsense adalah para pengiklan dari google adwords. Tentu google akan berusaha sebaik mungkin agar iklan yang dibuat oleh para pengiklan memang benar-benar mencapai target sasarannya.

Perlu kalian ketahui Kebijakan google adsense sangat ketat, kalian pasti sering menemukan banyak sekali publisher adsense yang akunnya di suspend atau dibanned.

Tau alasannya kenapa ?

Karena klik iklan yang berasal dari blog atau situs web mereka berasal dari orang-orang yang hanya sekedar iseng atau hanya ingin melihat apa isi iklan tersebut tanpa membeli atau melakukan transaksi pada iklan tersebut.

Google ingin memastikan bahwa iklan mereka memang benar-benar sesuai dengan target yang telah mereka tetapkan.

Itulah kenapa saling bertukar klik iklan juga sangat tidak diperbolehkan oleh google adsense karena akan merugikan si pengiklan dari google adwords.



2. Melakukan Riset Kata Kunci


Hal kedua yang perlu kalian lakukan untuk menaikkan atau meningkatkan BPK adsense adalah dengan melakukan riset.

Tidak hanya SEO saja yang membutuhkan riset kata kunci, adsense juga perlu untuk melakukan riset kata kunci agar bisa mendapatkan kata kunci dengan BPK yang mahal.

Kenapa riset kata kunci di perlukan ?

Pahami cara kerja adwords. Google Adwords bekerja dengan cara menempatkan posisi iklan tebaik berdasarkan jumlah pembayaran per klik yang mereka tetapkan.

Semakin tinggi mereka membayar maka akan semakin tinggi juga posisi iklan tersebut berdasarkan suatu kata kunci tertentu.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kalian tidak dapat menentukan iklan apa yang tampil pada halaman blog kalian.

Google lah yang akan menempatkan iklan tersebut sesuai dengan relevansi dari kata kunci artikel yang kalian buat.

Semakin sulit persaingan kata kunci tersebut kemungkinan besar BPK iklan nya juga akan semakin besar.

Penerapan SEO juga diperlukan untuk meningkatkan harga BPK adsense dengan cara ini. Pastikan kalian menempatakan kata kunci mahal pada H1 dan H2 konten yang kalian buat. Selain itu jangan lupa tempatkan kata kunci juga pada bagian deskripsi artikel tersebut.

Jika kalian menyisipkan gambar pada artikel tersebut maka jangan lupa menggunakan tag alt pada gambar dan menempatkan kata kunci pada tag alt gambar tersebut.

3. Fokus membahas 1 niche atau topik


Ingat, Algoritma google tidak mudah untuk kalian bodohi, jika kalian membuat blog atau website gado-gado dan berharap bahwa iklan adsense bisa muncul sesuai dengan relevansi artikel yang kalian buat, maka kalian salah.

Google menilai suatu website tidak hanya dari masing-masing artikel nya saja melainkan dari keseluruhan website atau blog tersebut.

Jika kalian menargetkan kata kunci dengan harga BPK mahal pada artikel gado-gado, maka hasilnya tetap akan percuma.

Google lebih suka terhadap situs yang lebih terstruktur, memiliki audience yang jelas, memiliki topik pembahasan yang jelas serta mengutamakan kenyamanan atau feedback positif dari pengunjungnya.

Jangan kalian terlalu berhadap google akan memberikan harga BPK mahal terhadap blog gado-gado yang kalian buat.

Google mengutamakan situs yang fokus terhadap 1 topik pembahasan saja untuk menampilkan iklan yang memiliki harga BPK lebih mahal. Karena target pasarnya sudah jelas dan pasti sehingga relevansi iklan dan artikel lebih mudah untuk dilakukan.

4. Imbangi jumlah iklan dengan panjang konten


Untuk mendapatkan harga BPK tinggi, kalian juga perlu memperhatikan jumlah iklan yang tampil pada halaman artikel kalian. Jumlah tampilan iklan harus sesuai dengan panjang konten artikel yang kalian buat.

Jangan menempatkan iklan terlalu banyak di dalam satu konten artikel yang hanya memiliki kurang dari 500-1000 kata.

Kenapa jangan ?

Karena jika kalian menempatkan terlalu banyak iklan pada satu halaman artikel yang pendek maka kalian akan mendapatkan iklan yang tidak relevan dengan artikel yang kalian buat.

Istilahnya iklan akan berebut. Karena jumlah nya yang banyak sedangkan konten nya yang pendek maka google akan meletakkan iklan yang bersifat umum dan memiliki harga BPK yang murah pada blog kalian.

5. Melakukan analisis penempatan iklan


Sebenarnya kalian bisa menempatkan iklan dibagian mana saja pada halaman blog kalian. Mulai dari header, sidebar, diantara artikel, diantara postingan dan juga pada bagian footer.

Google biasanya akan memberikan harga BPK iklan adsense tertinggi pada bagian halaman yang pertama kali dimuat.

Jika kalian tidak tahu urutan load halaman blog kalian, tenang saja kalian bisa mengeceknya dengan cara CTRL + U untuk melihat kode sumber pada blog kalian atau bisa juga melihatnya pada bagian template.

Bagian yang lebih dahulu dimuat oleh google biasanya memiliki harga BPK yang paling tinggi, maka dari itu optimasi bagian ini dengan kata kunci yang relevan dan penempatan iklan yang pas.

Penempatan posisi iklan

Pengujian penempatan iklan adsense


Kalian bisa melakukan pengujian sederhana untuk melihat hasil mana yang lebih baik pada penempatan posisi iklan adsense.

Kalian bisa menguji nya dengan cara hanya menampilkan 1 iklan saja setiap halaman dalam beberapa hari dan bandingkan dengan menampilkan 2 atau lebih iklan dalam beberapa hari juga.

Lalu analisis hasilnya, manakah yang lebih mendapatkan BPK tertinggi ?

Jika secara teoritis sudah pasti hanya menampilkan 1 iklan saja dalam 1 halaman pasti akan lebih memiliki BPK yang lebih tinggi.

Kalian juga bisa menguji iklan adsense dengan beberapa cara dibawah ini:
  • Iklan video vs iklan text
  • Iklan yang berada pada awalan artikel vs Iklan yang berada pada akhiran artikel
  • Membandingkan berbagai macam penempatan iklan adsense
  • Menggunakan adsense channels

Menurut kajian saya, orang-orang cenderung lebih memilih iklan header dan sidebar, tapi ini juga karena saya menempatkan iklan pada bagian itu dan juga iklan diantara artikel. Bisa saja iklan diantara artikel jauh lebih mahal dibandingkan iklan di header dan sidebar.

Silahkan kalian bereksperimen sendiri tentang penempatan iklan yang pas untuk mendapatkan BPK adsense yang tinggi.


Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon