Friday, November 3, 2017

11 Persiapan blog agar diterima google adsense

Persiapan blog agar diterima google adsense - Salah satu langkah penting yang harus dilakukan sebelum mendaftar Google Adsense adalah dengan mempersiapakan blog yang kalian miliki agar dapat diterima oleh google adsense.

Daftar google adsense


Kebanyakan para blogger pemula ingin cepat memonetize blog mereka ke google adsense tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Cara seperti ini bisa dibilang cara spekulasi atau hanya mencoba-coba dan mengharapkan faktor keberuntungan. Pada akhirnya mereka hanya akan mendapatkan email penolakan dari Google Adsense.

Tapi anehnya, setelah mendapatkan email penolakan sebagian blogger tidak mengerti bagian-bagian mana dari blog mereka yang harus di perbaiki dan mereka melakukan pendaftaran ulang tanpa melakukan perbaikan pada blog mereka. Ini adalah cara yang salah ya teman-teman.

Maka dari itu saya membuatkan artikel ini untuk teman-teman semua dengan harapan teman-teman dapat di terima oleh google adsense dan menjadi publisher google adsense. Oke langsung saja kita masuk ke bagian pembahasan persiapan blog agar diterima oleh google adsense.

Persiapan blog diterima google adsense


1. Pemilihan niche blog yang tepat

Persiapan pertama yang harus kalian lakukan untuk membangun sebuah blog yang dapat diterima oleh google adsense adalah kalian harus menentukan niche blog yang tepat dengan keahlian dan kemampuan kalian. Meskipun blog dengan niche gado-gado (topik campuran) juga dapat diterima oleh google adsense, akan lebih baik jika membangun blog dengan satu topik khusus saja. Karena informasi yang tersaji akan lebih detail jika kalian memilih niche dengan topik khusus dan juga sesuai dengan keahlian yang kalian miliki. Untuk menentukan niche blog yang tepat silahkan baca artikel yang sudah saya buatkan di blog ini.

Baca juga : Cara memilih niche blog ramai pengunjung

2. Menggunakan domain TLD (top level domain) pada blog

Hal ini sebenarnya tidak wajib kalian lakukan, karena banyak blog yang tidak TLD juga dapat diterima oleh google adsense, akan tetapi akan jauh lebih baik jika blog kalian sudah berdomain TLD. Keuntungan blog dengan domain TLD adalah jika kalian mendapatkan full approved dari google adsense maka status akun kalian adalah non hosted. Selain itu blog kalian juga terlihat lebih profesional jika menggunakan Top level domain.

3. Memilih tema/template blog yang tepat

Saya sarankan kepada teman-teman untuk memilih tema/template blog yang tepat sesuai dengan niche blog yang kalian angkat. Kenapa harus memilih template yang sesuai ? karena dari beberapa analisis yang saya lakukan tema/template blog juga mempengaruhi tingkat keberhasilan untuk diterima oleh google adsense. Syarat tema yang baik untuk di terapkan pada blog yang akan didaftarkan google adsense adalah SEO friendly, responsif, tidak berat, user friendly, tampilan menarik, serta tidak terdapat link yang eror pada blog yang kalian miliki.

Baca juga : Cara mengganti template blog

4. Pemakaian widget yang tepat

Kebanyakan para blogger pemula selalu menempatkan banyak widget pada blog mereka, mungkin untuk blog pribadi itu sah-sah saja, akan tetapi untuk blog yang akan di monetize dengan google adsense sebaiknya kalian mengurangi jumlah widget yang tidak penting pada blog kalian. Gunakanlah beberapa widget yang penting-penting saja seperti, label, artikel terkait, popular post dan arsip. Menurut saya 4 widget itu saja sudah cukup untuk blog yang akan di daftarkan ke google adsense.

5. Artikel original/asli

Nah poin yang satu ini menurut saya adalah yang sangat penting dalam mempersiapkan suatu blog agar dapat diterima oleh google adsense. Kenapa saya bilang sangat penting ? karena google sangat menyukai konten yang unik dan sudah menjadi kebijakan google adsense yang hanya akan menerima situs yang memiliki konten yang unik. Saya punya tips yang bisa teman-teman coba untuk membuat suatu artikel yang unik dan kaya akan informasi yaitu dengan cara mempelajari topik yang serupa dengan artikel yang akan kalian tulis, lalu kumpulkan beberapa artikel serupa yang menurut kalian paling baik lalu gabungkan beberapa artikel tersebut dengan gaya dan bahasa kalian sendiri. Prinsip yang digunakan adalah amati, tiru, modifikasi.


6. Membuat beberapa halaman wajib

Kenapa disini saya bilang wajib ? meskipun google adsense tidak menyebutkan bahwa laman seperti TOS, privacy policy, disclaimer, kontak dan sitemap itu adalah hal yang wajib dimiliki, tetap saja laman-laman seperti itu wajib untuk kalian buat jika kalian ingin blog kalian dapat diterima oleh google adsense.

7. Jumlah dari artikel yang dimiliki

Tidak ada ketentuan khusus berapa postingan yang harus dimiliki oleh suatu blog agar dapat diterima oleh google adsense, dari pengalaman yang saya miliki, blog saya yang diterima oleh google adsense saat itu sudah memiliki 20 artikel, akan tetapi saya melakukan eksperimen dengan membuat blog tentang resep dan hanya memiliki 7 artikel juga berhasil diterima oleh google adsense. Untuk aman nya saya sarankan kalian sudah memiliki setidaknya 10 artikel pada blog yang akan kalian daftarkan ke google adsense.

8. Jumlah kata dari setiap artikel

Hal yang tidak kalah penting agar suatu blog juga dapat diterima oleh google adsense adalah jumlah kata yang dimiliki oleh artikel pada blog tersebut. Logika nya semakin banyak kata, maka semakin banyak informasi yang dimiliki oleh artikel tersebut, akan tetapi jumlah kata yang banyak pun biasanya juga tidak memiliki banyak informasi. Kenapa bisa seperti itu ? karena ada beberapa blogger yang hanya menyelipkan kata-kata basa basi di dalam artikel mereka agar artikel tersebut memiliki lebih banyak jumlah kata di dalamnya. Saya sarankan setidaknya kalian memiliki 500 kata dalam setiap postingan.

9. Struktur penulisan artikel

Hal lain yang cukup penting untuk kalian lakukan sebelum mendaftar google adsense adalah membuat artikel dengan struktur penulisan yang benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari email penolakan yang berupa konten tidak memadai. Ini terjadi karena struktur penulisan artikel yang berantakan. Untuk membuat suatu konten/artikel yang baik kalian harus membuat hirarki heading yaitu dengan membuat h1, h2, h3 dan h4 yang benar. Selain itu pada postingan artikel juga harus memiliki internal link dengan konten yang memang terkait dengan konten artikel yang sedang kalian buat.

10. Daftarkan blog kalian ke google analytics dan google webmaster tools

Poin ini cukup penting, karena dengan mendaftarkan blog ke google analytics kalian dapat dengan mudah memantau perkembangan blog kalian, selain itu dengan mendaftarkan blog ke webmaster tools, blog kalian akan lebih cepat terindeks di mesin pencari.

11. Submit artikel ke google webmaster, bing webmaster dan yandex webmaster

Meskipun kalian sudah mendaftarkan blog kalian ke google webmaster tools, langkah tersebut masih belum cukup. Agar artikel pada blog kalian lebih cepat terindeks pada mesin pencari, maka kalian perlu melakukan submit manual ke masing-masing webmaster pada 3 mesin pencari terbesar saat ini.

Menurut saya dengan melakukan 10 persiapan diatas blog kalian akan lebih mudah untuk diterima oleh google adsense, dengan syarat semua poin tersebut kalian lakukan dengan benar.


Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon