Monday, October 30, 2017

Pengenalan tentang google adsense

Pengenalan tentang google adsense - Apa itu google adsense ? google adsense adalah salah satu produk yang dimiliki oleh google yang menyediakan jasa periklanan. Google adsense memberikan kesempatan untuk para blogger atau penulis agar dapat memiliki penghasilan dari hobi yang mereka miliki yaitu menulis.

Google Adsense


Agar suatu blog dapat menayangkan iklan dengan google adsense maka blog tersebut harus di daftarkan terlebih dahulu ke google adsense. Jika blog tersebut di terima maka blog tersebut menjadi mitra google adsense (publisher).

Terlihat cukup mudah bukan untuk menayangkan iklan dari google adsense ? akan tetapi adsense tidak sembarangan dalam memilih seorang publisher untuk menjadi mitra mereka, ada syarat-syarat yang harus di penuhi oleh seorang publisher agar dapat bermitra dengan google adsense.

Selain ada beberapa syarat yang harus di penuhi, publisher juga harus mengerti dan mematuhi tentang kebijakan yang dimiliki oleh google adsense, berikut ini adalah kebijakan google adsense.

Kebijakan Google Adsense

  • Dilarang mengklik iklan sendiri (klik dan tayangan tidak valid)
  • Dilarang meminta pengguna lain untuk mengklik iklan (menganjurkan mengklik iklan)
  • Jangan membuat konten yang dilarang oleh google adsense (pedoman konten)
  • Dilarang menayangkan iklan pada halaman yang melanggar hak cipta
  • Dilarang menampilkan iklan pada halaman yang menawarkan atau menjual barang palsu.

Masih ada banyak lagi kebijakan google adsense yang sebaiknya di pahami dan di patuhi oleh seorang publisher google adsense, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Kebijakan Program Adsense.

Jenis akun Google Adsense

Google Adsense memiliki dua kategori atau jenis akun untuk seorang publisher yaitu akun hosted dan juga akun non-hosted.

Untuk jenis Google Adsense akun hosted seorang publisher biasanya mendapatkan akun jenis ini melalui pendaftaran yang dilakukan dengan akun youtube. Akan tetapi akun hosted juga dapat di upgared menjadi akun non hosted dengan cara mendaftarkan blog atau website yang sudah berdomain TLD.

Untuk jenis akun non-hosted seorang publisher bisa mendapatkannya melalui pendaftaran website atau blog yang sudah berdomain TLD. Akun jenis ini juga bisa di gunakan untuk menampilkan iklan pada akun youtube.

Metode untuk pembayaran Google Adsense

Google Adsense menyediakan beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan oleh seorang publisher, akan tetapi setelah saya membaca panduan google adsense dari situs resmi adsense, untuk Negara Indonesia akun yang baru sekarang ini hanya bisa menggunakan metode pembayaran dengan Bank.

Untuk akun lama mungkin masih bisa menggunakan metode pembayaran dengan Western Union (WU) akan tetapi saat ini metode pembayaran dengan WU hanya tersedia di beberapa negara yaitu:
  • Benin
  • Burkina Faso
  • Kamerun
  • Cote d'Ivoire
  • Etiopia
  • Gambia
  • Ghana
  • Kenya
  • Madagaskar
  • Mozambik
  • Senegal
  • Seychelles
  • Tanzania
  • Uganda
  • Zambia

Jangka waktu penerimaan Google Adsense

Untuk waktu penerimaan dari pengajuan sebuah website atau blog untuk di terima oleh google adsense sebenarnya cukup bervariasi, biasanya ada yang hanya membutuhkan waktu 3 hari dan ada pula yang mencapai waktu diatas 1 bulan.

Akan tetapi umumnya seorang publisher mendapatkan email pemberitahuan sekitar 2 mingguan. Jadi bagi kalian yang masih belum mendapatkan jawaban dari Google Adsense mohon bersabar, karena pengalaman saya saat mendaftarkan google adsense pada salah satu blog yang saya miliki saya menerima email approve adalah sekitar 3 mingguan.

Tips bagi teman-teman jika belum mendapatkan email pemberitahuan diatas 3 hari maka blog teman-teman masih memiliki harapan untuk di terima oleh google adsense, karena saya telah mencoba beberapa kali dan melakukan analisis kecil bahwa blog yang di tolak oleh google adsense biasanya mendapatkan email penolakan sekitar 6 jam setelah pengajuan pendaftaran google adsense.

Meskipun begitu saya tidak bisa memastikan apakah analisis saya akurat, akan tetapi itu sudah saya lakukan dengan beberapa blog dan hasilnya cukup akurat.

Mendapatkan PIN untuk verifikasi alamat

Untuk mendapatkan PIN google adsense kalian harus mencapai 10% dari ambang pembayaran yang di tetapkan oleh google adsense, atau sekitar $10 yang jika di rupiahkan sekitar Rp.130.000,00 berdasarkan kurs yang sekarang (saat saya membuat artikel ini).

Jika sudah mencapai $10 maka kalian akan diminta untuk memberikan alamat pada google adsense. Setelah itu Google Adsense akan mengirimkan PIN ke alamat yang kalian isi kan tersebut. Jadi isikan alamat kalian yang asli agar PIN dapat sampai ke tujuan.

Akan ada 3 kali percobaan pengiriman PIN jika sudah mencapai percobaan ke 3 dan PIN masih belum sampai maka kalian bisa melakukan scan Identitas diri dengan menggunakan KTP atau SIM.

Pembayaran Google Adsense

Kalian dapat mencairkan atau menerima pembayaran dari google adsense setelah mencapai $100 atau jika di rupiah kan berdasarkan kurs saat ini maka sekitar Rp.1.300.000,00. Pembayaran akan dilakukan setiap bulannya yaitu setiap tanggal 21.

Proses bermitra dengan google adsense

  1. Mendaftarkan blog yang kalian miliki ke situs google adsense
  2. Menempatkan kode penayang pada template blog kalian.
  3. Menunggu hasil review
  4. Jika diterima, buat unit iklan
  5. Pasang unit iklan pada halaman blog kalian

Penjelasan diatas sepertinya cukup untuk memberikan wawasan kepada teman-teman mengenai google adsense. Pahami terlebih dahulu google adsense setelah itu barulah lakukan langkah-langkah persiapan untuk mendaftar google adsense. Silahkan baca panduan google adsense yang ada di blog ini untuk persiapan teman-teman mendaftar ke google adsense.

Baca juga:
Persiapan blog agar dapat diterima google adsense

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon