Wednesday, October 25, 2017

Cara mendaftarkan dan mengintegrasikan google analytics pada blog

Cara mendaftarkan dan mengintegrasikan google analytics pada blog - Google analytics adalah salah satu tools yang dimiliki oleh google agar kita dapat memantau pengunjung dari blog atau website yang kita miliki. Google analytics bahkan mampu melihat daerah asal dari pengunjung tersebut, device yang mereka gunakan, konten atau artikel yang mereka buka pada blog atau website kita dan masih banyak lagi fitur menarik pada google analytics.

google analytics


Dengan adanya tools seperti google analytics ini tentu sangat saya sarankan kepada kalian para blogger terutama blog monetize untuk mendaftarkan blog kalian ke google analytics. Kenapa kita mesti daftar ke google analytics mas ? bukan kah dari dashboard blogger saja kita sudah bisa mengetahui statistik pengunjung ? memang benar bahwa blogger sudah menyiapkan dashboard yang dapat menampilkan statistik pengunjung blog kalian, akan tetapi statistik tersebut masih dapat dikatakan umum, tidak spesifik seperti fitur yang dimiliki oleh google analytics.

Keuntungan penggunaan google analytics pada blog monetize adalah kita dapat memikirkan strategi social marketing yang harus kita lakukan agar traffic blog kita semakin meningkat dan pundi-pundi penghasilan dari Google Adsense semakin meningkat juga. Berikut ini keuntungan lain dari penggunaan google analytics

Keuntungan penggunaan Google Analytics

  • Dapat mengetahui sumber traffic pengunjung (organik atau direct).
  • Dapat mengetahui kata kunci atau keyword yang dituliskan pengunjung untuk mengakses blog kalian.
  • Dapat memahami karakteristik yang dimiliki oleh pengunjung.
  • Dapat mengetahui konten yang paling populer pada blog kita.
  • Dapat melakukan analisa SEO yang telah kalian terapkan.

Lalu bagaimana cara mendaftar ke google analytics ? caranya cukup mudah, hampir sama seperti saat kalian mendaftar ke google webmaster tools yang telah saya buatkan artikelnya, yang kalian butuhkan hanya akun gmail untuk mendaftar.



Cara mendaftar ke google analytics

  1. Silahkan kunjungi Google Analytics
  2. Lalu sign up dengan menggunakan email yang sama dengan blog kalian
  3. Setelah itu isikan form pendaftaran pada google analytics tersebut
  4. Account name : Isi kan nama akun kalian, Website name : isi kan dengan nama website atau blog kalian, Website URL : isi kan dengan alamat website atau blog kalian, Industry category : Bebas boleh pilih sesuai dengan niche blog boleh juga kalian pilih other, Reporting Time Zone : Silahkan kalian pilih Indonesia.
  5. Jika kalian sudah merasa benar dengan form tersebut maka klik Get Tracking ID.
  6. Pada saat muncul Google analytics Terms Of Service pilih saja I Accept.
  7. Selesai.

Cara mengintegrasikan Google Analytics dengan Blog

  1. Silahkan copy Tracking ID dari google analytics kalian
  2. Setelah itu masuk ke blogger
  3. Pilih setelan lalu klik lainnya
  4. Lihat pada bagian paling bawah ada menu google analytics
  5. Pastekan Tracking ID yang telah kalian copy tadi pada kolom tersebut
  6. Lalu klik simpan.

Biasanya data statistik pengunjung baru akan muncul setelah 48 jam dari waktu pemasangan tracking id pada blog kalian. Silahkan ditunggu saja.

Sebenarnya kalian juga dapat mengintegrasikan google analytics dengan google webmaster tools dan google adsense kalian, akan tetapi materi tersebut mungkin akan saya bahas pada artikel lainnya.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon