Sunday, November 12, 2017

Ditolak google adsense ? Berikut Ini 4 penyebab dan cara mengatasinya

Ditolak google adsense ? Berikut Ini penyebab dan cara mengatasinya - Hampir setiap hari saya selalu melihat ada teman-teman yang mengeluh dan menanyakan kenapa blog nya ditolak oleh google adsense ? Saya mendapati itu tidak hanya di dalam 1 atau 2 grup blogger saja, tetapi hampir di semua grup blogger selalu ada yang menanyakan hal seperti itu.

Google Adsense ditolak


Singkat cerita tentang pengalaman pribadi saya sendiri, memang satu tahun yang lalu (sejak artikel ini dibuat) saya mendaftar google adsense selalu ditolak, saya juga merasa bingung kenapa saya ditolak ? ternyata setelah saya coba pelajari mengenai google adsense ternyata memang blog yang saya daftarkan sangat tidak layak untuk diterima oleh google adsense.

Itulah yang sering kali terjadi pada blogger sekarang. Mereka terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blognya ke google adsense. Alhasil blog yang mereka daftarkan selalu saja ditolak oleh google adsense.

Untuk dapat mengatasi penolakan dari google adsense, kalian harus mengerti terlebih dahulu hal-hal apa saja yang membuat suatu blog ditolak oleh google adsense.

Sebenarnya yang dapat mengetahui alasan pasti kenapa suatu blog ditolak oleh google adsense adalah tim review dari google adsense itu sendiri. Jadi penyebab penolakan google adsense yang akan saya jelaskan dibawah ini mungkin hanya beberapa dari sekian banyak alasan penolakan. Akan tetapi saya akan membahas jenis penolakan yang paling sering terjadi kepada para blogger saat ini.

1. Situs tidak sesuai kebijakan google

Alasan penolakan yang pertama dan yang cukup sering saya temukan pada setiap blogger yang ditolak oleh google adsense adalah situs tidak sesuai kebijakan google. Jika kalian mendapatkan email penolakan dengan alasan seperti ini kemungkinan blog yang kalian daftarkan melanggar kebijakan google seperti:
  • Membuat artikel hasil copy paste.
  • Membuat artikel dengan menggunakan kata-kata yang dilarang oleh google.
  • Jumlah kata dari konten/artikel yang kalian buat terlalu sedikit.
  • Terdapat link atau halaman yang tidak dapat diakses/error.

Silahkan kalian koreksi blog kalian sendiri apakah kalian ada melanggar salah satu dari ke empat poin tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini:
  • Melakukan cek plagiat sebelum memposting artikel dengan plagiarism checker atau copyscape (saya menggunakan 2 tools tersebut).
  • Jika ditemukan adanya indikasi plagiat pada artikel kalian maka segera hapus atau draft terlebih dahulu artikel tersebut.
  • Jika terdapat kata-kata yang dilarang maka segera hapus atau ubah kata tersebut dengan kata lain yang juga dapat menggambarkan hal tersebut secara halus.
  • Untuk mengatasi link error kalian bisa menggunakan brokenlinkcheck.com dan jika ditemukan link error maka segera benahi atau hapus link tersebut.

2. Situs kalian terkait dengan alamat atau email lain

Alasan kedua yang juga lumayan sering saya temukan adalah situs terkait dengan alamat atau email lain. Perlu kalian ketahui bahwa google hanya mengizinkan satu email hanya dapat memiliki satu akun google adsense dengan satu blog yang didaftarkan. Jadi kalian tidak dapat menggunakan satu email untuk 2 blog yang akan didaftarkan ke google adsense.

Misalnya kalian memiliki blog A dan email A lalu blog tersebut ditolak oleh google adsense. Kalian mencoba mendaftarkan blog B dengan email A maka sudah pasti kalian akan ditolak oleh google adsense karena email A sudah terkait dengan blog A. Jadi jika kalian ingin mendaftarkan blog B maka kalian perlu membuat email baru untuk mendaftarkan blog tersebut.



3. Konten tidak memadai

Alasan yang satu ini justru hampir selalu terjadi pada setiap email penolakan google adsense yang dialami para teman-teman blogger. Untuk alasan yang satu ini saya juga pernah mengalaminya ketika blog ini saya daftarkan ke google adsense, jadi coba kalian ikuti beberapa cara yang telah saya lakukan untuk mengatasi penolakan ini:
  • Buatlah artikel yang memiliki minimal 500 kata. Jauh lebih baik jika lebih dari itu.
  • Jangan pernah memasang video pada setiap artikel.
  • Untuk 1 artikel saya sarankan kalian hanya memasang 1 gambar saja tidak lebih.
  • Jumlah postingan saya sarankan sudah memiliki minimal 10 postingan.

Keempat cara diatas sudah saya lakukan untuk mengatasi email penolakan dengan alasan konten tidak memadai dan terbukti 2 hari setelah pengajuan kembali saya langsung diterima oleh google adsense.

Baca juga:
Cara mengatasi penolakan konten tidak memadai

4. Navigasi situs sulit

Untuk alasan yang satu ini biasanya terjadi pada blog yang tidak memiliki navigasi yang baik. Navigasi yang tidak baik maka akan menyulitkan pengunjung untuk mengakses seluruh laman yang kalian miliki dan itu dinilai oleh google adsense menjadi suatu hal yang sangat penting.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini:
  • Buat laman seperti sitemap, kontak, privacy & policy, disclaimer dan TOS. Laman tersebut yang saya gunakan pada blog ini dan terbukti diterima oleh google adsense.
  • Buat navigasi label sesuai dengan label yang telah kalian buat. Contoh nya seperi blog saya ini memiliki label Panduan blog dan Panduan Adsense.
  • Jangan terlalu banyak memasang widget. Gunakan widget yang penting saja seperti artikel populer, arsip, pencarian, label dan Profil google +.
  • Usahakan kalian membuat artikel dengan label yang spesifik, yaitu satu artikel satu label seperti artikel ini memiliki label panduan adsense.

Pahami keempat alasan penolakan dan diatas serta cara mengatasinya. Insha allah blog yang kalian daftarkan akan diterima oleh google adsense, selalu berusaha, berdoa dan tawakal juga menjadi kunci untuk meraih kesuksesan.

Baca juga:
Cara membuat menu navigasi pada blog

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon