Thursday, November 9, 2017

5 Hal yang perlu diperhatikan saat dalam masa review google adsense

5 Hal yang perlu diperhatikan saat dalam masa review google adsense - Mungkin bagi teman-teman blogger yang masih awam dalam dunia blog maupun adsense merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat dalam tahap review google adsense.

Review Adsense


Dalam masa review google adsense kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu pada blog kita. Kenapa ? karena jika ada kesalahan kecil saja yang kita lakukan maka konsekuensinya adalah blog kita bisa saja ditolak oleh google adsense hanya karena kita melakukan kesalahan kecil tersebut pada saat masa review google adsense.

Untuk itu ada beberapa hal yang wajib untuk kalian perhatikan pada saat masa review google adsense. Coba ikuti 5 hal berikut ini yang sudah saya lakukan untuk ketiga blog saya yang sudah diterima sepenuhnya atau full approve oleh google adsense.

1. Rutin dalam membuat artikel terbaru

Hal pertama yang wajib kalian perhatikan adalah rutin dalam membuat artikel terbaru pada saat masa review adsense. Kenapa kita harus rutin dalam membuat artikel baru pada saat masa review google adsense ? jawabannya adalah karena google sangat menyukai website atau blog yang selalu memberikan informasi atau konten terbaru mereka secara rutin.

Jika sebelumnya kalian hanya menulis 1 artikel dalam satu hari, ada baiknya untuk meningkatkan prosi penulisan artikel menjadi 2 atau 3 artikel dalam satu hari. Akan tetapi perlu diperhatikan juga dalam membuat artikel terbaru selama masa review, kalian sebaiknya jangan membuat artikel secara asal-asalan alasannya hanya karena ingin memposting banyak artikel dalam satu hari.

Saya berikan sedikit tips atau bocoran jika kalian ingin membuat artikel pada masa review adsense sebaiknya jangan membuat artikel yang memiliki banyak gambar karena kemungkinan besar akan ditolak oleh google adsense dengan alasan konten tidak memadai.

Tidak percaya ? saya berikan bukti screen shoot email penolakan blog saya saat membuat artikel dengan banyak gambar pada masa review google adsense dan hasilnya saya ditolak oleh google adsense.

Email penolakan

Gambar diatas adalah email penolakan karena konten tidak memadai dan coba kalian baca poin pertama pada email tersebut. Disitu dijelaskan bahwa situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar maka tidak akan diterima oleh google adsense.

Setelah saya mendapatkan email penolakan tersebut saya langsung memperbaiki konten atau artikel saya dengan cara menghapus gambar-gambar yang terdapat di dalam artikel saya dan hanya menyisakan 1 gambar dalam setiap postingan artikel.

Hasilnya 2 hari kemudian blog gila ngeblog ini diterima oleh google adsense. Saya buktikan dengan screen shoot email approve dibawah ini.

Email Diterima

Screen shoot diatas adalah bukti bahwa penulisan artikel memang sangat wajib untuk diperhatikan pada masa review google adsense.

2. Jangan melakukan editing pada template blog kalian

Hal kedua yang perlu diperhatikan bagi seorang blogger pada saat masa review adsense adalah jangan pernah mengotak-atik template atau tema blog dan juga widget pada masa review google adsense.

Jika kalian masih nekat untuk melakukan hal ini maka kemungkinan besar blog kalian akan ditolak oleh google adsense. Jadi pastikan sebelum mendaftarkan blog ke google adsense semua widget dan tema blog sudah fix atau rampung.

Alasan ditolaknya blog kalian jika melakukan editing pada template atau tema blog adalah karena google adsense menganggap blog kalian masih dalam tahap pembuatan, jadi blog kalian masih belum siap untuk bermitra dengan google adsense karena salah satu syarat atau kebijakan google adsense adalah blog tidak dalam masa pembangunan atau pembuatan.



3. Jangan memasang iklan selain google adsense

Beberapa blogger pemula biasanya mencoba beberapa alternatif selain google adsense karena kebanyakan mereka selalu ditolak oleh google adsense dikarenakan tidak memahami tentang google adsense terlebih dahulu dan langsung mendaftarkan blog mereka ke google adsense.

Mungkin karena ingin mencoba peruntungan kembali atau bagaimana biasanya ada yang mencoba mendaftar kembali ke google adsense tetapi lupa atau tidak melepas iklan selain google adsense. Jika kalian melakukan hal seperti ini maka dapat dipastikan kalian akan ditolak.

Google adsense sangat tidak menyukai adanya iklan lain selain iklan dari mereka di dalam blog kalian. Jika kalian ingin menempelkan iklan selain google adsense misalnya ada tawaran dari sebuah perusahaan atau semacamnya, sebaiknya penempatan iklan tersebut dilakukan setelah masa review google adsense.

4. Jangan membuat artikel yang melanggar kebijakan google adsense

Pada saat masa review ada beberapa jenis artikel yang dilarang oleh google adsense seperti artikel tentang download aplikasi, game dan lain sebagainya yang ilegal. Jika kalian merasa artikel download yang kalian buat adalah legal maka mungkin itu masih di perbolehkan oleh google adsense.

Lalu jangan pernah membuat artikel yang membahas tentang phishing, cracking dan lain sebagainya yang sejenis seperti itu karena sudah jelas pada kebijakan google adsense dilarang untuk membuat konten seperti itu.

Seperti yang saya jelaskan juga pada poin pertama jangan membuat artikel yang memiliki terlalu banyak gambar. Jika sudah terlanjur kalian lakukan maka segera hapus gambar pada artikel tersebut dan sisakan hanya 1 buah gambar saja karena ini pengalaman yang pernah saya lewati.

5. Sabar dan berdoa

Hal terakhir yang harus dilakukan dalam masa review google adsense adalah sabar dan berdoa, setelah poin 1 hingga 4 sudah kalian lakukan dan segala usaha sudah kalian lakukan maka doa adalah hal yang tidak kalah penting agar blog kalian bisa diterima oleh google adsense.

Kesabaran juga menjadi poin penting dalam masa review google adsense ini, kenapa ? karena kebanyakan blogger tidak sabaran dalam masa review dan ujung-ujungnya memilih untuk membatalkan akun dan melakukan pendaftaran ulang, bukan kah hal tersebut juga bisa dikatakan sia-sia ?

Selain itu pengalaman pribadi saya saat pertama kali mengajukan pendaftaran blog saya ke google adsense saya tidak sabar dan hampir saja memilih untuk membatalkan akun. Setelah saya iseng-iseng cek gmail ternyata ada pesan full approve dari google adsense dan untung lah saya masih bersabar saat itu menunggu surat cinta dari google tersebut.

Itulah kelima hal yang wajib untuk diperhatikan dalam masa review google adsense agar blog kalian dapat diterima sepenuhnya oleh google adsense. Saya sarankan bagi kalian untuk mendaftarkan blog yang sudah di upgrade ke domain TLD karena selain terlihat profesional kalian juga akan mendapatkan akun non hosted.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan coret-coret di kolom komentar atau bisa langsung hubungi saya melalui halaman kontak yang ada di blog ini.

Dilarang berkomentar spam dan sara
EmoticonEmoticon